Bagaimana menyelidiki hubungan antara cepat rambat gelombang (v), tegangan senar atau tali (F), massa senar atau tali (m) dan panjang senar atau tali (L)?

Bagaimana menyelidiki hubungan antara cepat rambat gelombang (v), tegangan senar atau tali (F), massa senar atau tali (m) dan panjang senar atau tali (L)?

Jawaban yang tepat ialah kecepatan gelombang berbanding lurus dengan akar tegangan dan panjang senar, serta berbanding terbalik dengan akar massa senar.

Percobaan Melde merupakan percobaan yang dilakukan untuk melihat terbentuknya gelombang stasioner atau dengan gelombang berdiri. Selain melihat bentuk gelombang, Percobaan Melde juga menghitung kecepatan gelombang, dan menghasilkan kesimpulan bahwa perhitungan tersebut diperngaruhi oleh tiga faktor, yaitu ketegangan, panjang, serta massa.

Hubungan cepat rambat, tegangan senar, massa senar dan panjang senar dirangkum dalam persamaan,
v = √Fl/m
Dimana,
v = cepat rambat gelombang (m/s)
F = tegangan senar (N)
l = panjang senar (m)
m = massa senar (kg)
Sehingga dapat ditarik hubungan bahwa kecepatan gelombang berbanding lurus dengan akar tegangan dan panjang senar, serta berbanding terbalik dengan akar massa senar.

Jadi, hubungan cepat rambat, tegangan, massa dan panjang senar ialah kecepatan gelombang berbanding lurus dengan akar tegangan dan panjang senar, serta berbanding terbalik dengan akar massa senar.

Baca Juga :  Suatu daerah yang letaknya jauh dari keramaian kota dan dihuni oleh sekelompok masyarakat yang sebagian besar bermata pencaharian di bidang agraris disebut ....