Manakah dari senyawa berikut yang termasuk elektrolit kuat dan elektrolit lemah? b. CH3COOH

Manakah dari senyawa berikut yang termasuk elektrolit kuat dan elektrolit lemah?

b. CH3COOH

Jawaban yang benar adalah CH₃COOH termasuk larutan elektrolit lemah.

Pembahasan:

Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan listrik. Larutan elektrolit dapat menghantarkan listrik karena mengandung ion-ion yang dapat bergerak bebas. Larutan elektrolit dibagi menjadi dua yaitu larutan elektrolit kuat dan larutan elektrolit lemah.
1. Larutan elektrolit kuat adalah larutan elektrolit yang terurai sempurna menjadi ion dalam larutan air. Contoh larutan elektrolit kuat adalah NaCl, HCl, dan NaOH.
2. Larutan elektrolit lemah adalah larutan elektrolit yang mengalami ionisasi sebagian sehingga jumlah zat yang terurai menjadi ion tidak banyak dan menjadi penghantar listrik yang buruk. Contoh larutan elektrolit lemah adalah CH₃COOH dan NH₃.

Jadi, CH₃COOH termasuk larutan elektrolit lemah.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  Epo (eritropoetin) merupakan suatu hormon yang diproduksi oleh ginjal dan memicu proses hematopoesis (pembentukan sel darah di sumsum tulang). Senyawa ini, sering digunakan sebagai doping oleh para atlet olahraga untuk meningkatkan prestasinya. Berikut ini merupakan pernyataan yang tidak tepat mengenai pengaruh penyuntikan epo ke dalam tubuh.....