Pankreas juga merupakan kelenjar sekresi dan kelenjar endokrin. sebagai kelenjar sekresi tuliskan macam-macam zat yang dihasilkan beserta fungsinya dan sebagai kelenjar endokrin tuliskan macam-macam zat yang dihasilkan dan fungsinya

pankreas juga merupakan kelenjar sekresi dan kelenjar endokrin. sebagai kelenjar sekresi tuliskan macam-macam zat yang dihasilkan beserta fungsinya dan sebagai kelenjar endokrin tuliskan macam-macam zat yang dihasilkan dan fungsinya

Pankreas adalah organ yang berada di perut dan berperan dalam sistem pencernaan. Pankreas memiliki 2 fungsi utama yakni
1. Sebagai kelenjar eksokrin
Kelenjar eksokrin merupakan kelenjar yang memiliki saluran khusus, tidak melalui pembuluh darah. Kelenjar ini menghasilkan enzim yang penting dalam sistem pencernaan, seperti amilse (merubah amilum menjadi glukosa), tripsin (merubah protein jadi tripeptida/dipeptida) dan lipase (merubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol).
2. Sebagai kelanjar endokrin
Kelenjar endokrin merupakan kelenjar yang tidak memiliki saluran khusus, sehingga produknya akan mengalir melalui pembuluh darah. Pankreas sebagai kelenjar endokrin karena menghasilkan hormon yakni insulin (menurunkan kadar gula darah) dan glukagon ( meningkatkan kadar gula darah).

Dengan demikian, pankreas disebut kelenjar eksokrin karena menghasilkan enzim yang berperan dalam sistem pencernaan, dan pankreas disebut kelenjar eksokrin karena menghasilkan hormon insulin da glukagon.

Baca Juga :  Karakteristik senyawa organik terdapat pada nomor....