Sebutkan organ reproduksi dalam dan luar pada pria!

Sebutkan organ reproduksi dalam dan luar pada pria!

Jawabannya yaitu organ bagian dalam yaitu epididimis, kelenjar prostat, kelenjar bulbouretral, vesikula seminalis, uretra, dan vas deferens. Sedangkan organ bagian luar terdapat p e n i s, skrotum, dan t e s t i s.

Yuk simak penjelasan berikut ini!

Sistem reproduksi merupakan sistem organ s e k s dalam organisme yang bekerja untuk tujuan reproduksi seksual. Sistem reproduksi pada pria memiliki berbagai alat reproduksinya. Organ penyusun sistem reproduksi pria terbagi menjadi dua bagian, yaitu organ eksternal (luar) yang terdiri dari p e n i s, skrotum, dan t e s t i s, serta organ internal (dalam) yang terdiri dari epididimis, kelenjar prostat, kelenjar bulbouretral, vesikula seminalis, uretra, dan vas deferens. Organ penyusun sistem reproduksi pria berfungsi untuk menghasilkan s p e r m a dan meneruskannya ke v a g i n a agar terjadi pembuahan. Proses Reproduksi tentu membutuhkan sinergi antar alat/organ tubuh yang berperan di dalamnya.

Jadi, organ reproduksi bagian dalam yaitu epididimis, kelenjar prostat, kelenjar bulbouretral, vesikula seminalis, uretra, dan vas deferens. Sedangkan organ bagian luar terdapat p e n i s, skrotum, dan t e s t i s.

Baca Juga :  Alat yang digunakan untuk wadah sampel atau bahan kimia adalah sebagai berikut, kecuali ...