Gangguan pada sistem reproduksi manusia yang disebabkan adanya infeksi oleh protozoa Trichomonas vaginalis disebut dengan….

Gangguan pada sistem reproduksi manusia yang disebabkan adanya infeksi oleh protozoa Trichomonas vaginalis disebut dengan….
A. Prostatitis
B. Endometriosis
C. Infeksi trikomoniasis
D. Klamida
E. Sifilis

Jawaban yang benar adalah C. Infeksi trikomoniasis.

Sistem reproduksi manusia perlu dijaga agar tidak menimbulkan gangguan dan penyakit yang tentunya akan merugikan bagi tubuh. Gangguan yang diderita dapat disebabkan oleh bakteri, virus, maupun protista.

Beberapa gangguan pada sistem reproduksi yaitu :
– Prostatitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada kelenjar prostat. Kelenjar prostat adalah organ pada sistem reproduksi pria yang memiliki peran dalam proses untuk produksi sperma.

– Endometriosis merupakan penyakit yang penyebabnya belum diketahui secara pasti namun diduga ada kaitannya dengan gangguan pada aliran darah menstruasi.

– Infeksi trikomoniasis merupakan penyakit yang disebabkan oleh protozoa (protista mirip hewan) 𝘛𝘳𝘪𝘤𝘩𝘰𝘮𝘰𝘯𝘢𝘴 𝘷𝘢𝘨𝘪𝘯𝘢𝘭𝘪𝘴. Trikomoniasis termasuk kedalam penyakit menular yang menyebar melalui hubungan seksual. Gejala seseorang mengalami trikomoniasis pada wanita diantaranya bagian bawah perut terasa sakit, muncul rasa tidak nyaman saat buang air kecil, timbul rasa nyeri, bengkak, dan gatal pada area kewanitaan. Sedangkan, pada pria gejalanya muncul cairan putih, muncul bengkak, kemerahan, dan sakit pada penis.

– Klamidia merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri 𝘊𝘩𝘭𝘢𝘮𝘺𝘥𝘪𝘢 𝘵𝘳𝘢𝘤𝘩𝘰𝘮𝘢𝘵𝘪𝘴 yang dapat menginfeksi bagian serviks, saluran kencing, dan anus.

– Sifilis atau penyakit raja singa merupakan yang disebabkan oleh infeksi dari bakteri 𝘛𝘳𝘦𝘱𝘰𝘯𝘦𝘮𝘢 𝘱𝘢𝘭𝘭𝘪𝘥𝘶𝘮. Sifilis menyebar melalui hubungan seksual.

Dengan demikian, gangguan pada sistem reproduksi manusia yang disebabkan adanya infeksi oleh protozoa 𝘛𝘳𝘪𝘤𝘩𝘰𝘮𝘰𝘯𝘢𝘴 𝘷𝘢𝘨𝘪𝘯𝘢𝘭𝘪𝘴 adalah infeksi trikomoniasis.

Baca Juga :  Sebuah mobil memiliki massa 1000 kg sedang bergerak dengan kecepatan 42 m/s. Setelah menumbuk tiang listrik selama 0,01 detik, mobil bergerak berlawanan arah semula dengan kecepatan 2 m/s. Gaya dorong mobil tersebut adalah