Sebuah cermin cekung memiliki jarak fokus 6 cm, tanpa menggunakan rumus tentukan sifat bayangan yang dihasilkan cermin cekung jika benda diletakkan pada jarak 12 cm

sebuah cermin cekung memiliki jarak fokus 6 cm, tanpa menggunakan rumus tentukan sifat bayangan yang dihasilkan cermin cekung jika benda diletakkan pada jarak 12 cm

Jawaban soal ini adalah nyata, terbalik dan sama besar.

Diketahui:
f= 6 cm
s= 12 cm

Ditanya:
sifat bayangan=…?

Jawab:
Cermin cekung adalah cermin yang permukaannya seperti bagian bola sebelah dalam. Cermin cekung bersifat mengumpulkan cahaya (konvergen) dan disebut juga cermin positif.

Letak dan sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin cekung tergantung pada letak benda. Pada cermin cekung bayangan akan terlihat lebih kecil dari ukuran benda aslinya. Dengan menggunakan sinar istimewa, pembentukan bayangan pada cermin cekung yaitu :

1. Jika suatu benda diletakkan di luar pusat kelengkungan maka pembentukan bayangannya bersifat nyata, terbalik, diperkecil dan berada di antara pusat kelengkungan cermin dan titik fokus.
2. Jika suatu benda diletakkan di antara titik fokus dan titik potong sumbu utama maka pembentukan bayangannya bersifat maya, tegak dan diperbesar. Letak bayangan benda berada di belakang cermin.
3. Jika suatu benda diletakkan diantara titik pusat kelengkungan cermin dan titik fokus cermin maka pembentukan bayangannya bersifat nyata, terbalik, diperbesar dan berada di depan titik pusat kelengkungan cermin.
4. Jika suatu benda diletakkan tepat di titik fokus maka pembentukkan bayangannya bersifat maya dan tak terhingga.
5. Jika suatu benda diletakkan tepat di pusat kelengkungan cermin maka pembentukkan bayangannya bersifat nyata, terbalik dan sama besar. Letak bayangan benda berada di depan cermin.

Pada soal benda diletakan pada jarak 12 cm artinya benda terletak tepat di pusat kelengkungan sehingga bayangan yang terbentuk adalah nyata, terbalik dan sama besar.

Baca Juga :  Sebutkan 4 alasan terjadinya aman demen undang-undang dasar​

Jadi, sifat bayangan tersebut adalah nyata, terbalik dan sama besar.