Salah satu dampak yang mucul dari dikenalnya budaya perunggu bagi masyarakat bercocok tanam adalah…..

Salah satu dampak yang mucul dari dikenalnya budaya perunggu bagi masyarakat bercocok tanam adalah…..

Salah satu dampak yang muncul dari dikenalnya budaya perunggu bagi masyarakat bercocok tanam adalah adanya kalangan tukang pembuat barang-barang dari logam.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Masa Perundagian termasuk kedalam pembabakan masa praaksara berdasarkan Arkeologi (ilmu yang mempelajari mengenai alat-alat purbakala). Perundagian merujuk kepada kata undagi yang artinya terampil. Masa itu manusia telah mengenal cara pembuatan benda atau alat-alat dari bahan logam. Hal tersebut menjadi dampak dari dikenalnya budaya logam yang salah satunya ialah perunggu.

Di Indonesia sendiri bahan logam tersebut seperti perunggu dan besi. Manusia pendukung dari masa ini ialah Deutro Melayu yang hadir dan bermigrasi dari Indochina melalui jalur barat Nusantara.

Ciri-ciri dari masa Perundagian antara lain:
1. Sudah mampu membentuk kelompok kerja tertentu terlebih dalam bidang pertukangan.
2. Manusia saat itu mampu membuat perkakas atau alat dari logam sebagai alat upacara, senjata, jimat atau lainnya.
3. Mengenal cara bercocok tanam yang baik.
4. Semakin berkembangnya kepercayaan di masyarakat seperti kepercayaan Animisme (roh nenek moyang) dan Dinamisme (suatu benda memiliki kekuatan gaib).

Contoh barang-barang yang terbuat dari logam pada masa Perundagian adalah Nekara, Kapak Corong, Bejana Perunggu, Arca Perunggu yang terbuat dari perunggu. Sedangkan yang terbuat dari besi antara lain cangkul, mata pedang, mata pisau dan sebagainya.

Dengan demikian, salah satu dampak yang muncul dari dikenalnya budaya perunggu bagi masyarakat bercocok tanam adalah adanya kalangan tukang pembuat barang-barang dari logam.

Semoga membantu ya 😊

Baca Juga :  Ketimpangan sangat tinggi menurut indeks rasio gini, kriterianya ....

Leave a Reply

Your email address will not be published.