Jelaskan dampak yang terjadi dari sebuah kebijakan publik!

jelaskan dampak yang terjadi dari sebuah
kebijakan publik!

Sejumlah dampak kebijakan yang perlu diperhatikan di dalam evaluasi kebijakan, yakni Dampak kebijakan terhadap situasi atau kelompok target. Dampak kebijakan terhadap situasi atau kelompok lain selain situasi atau kelompok target. Dampak kebijakan terhadap kondisi sekarang dan kondisi masa yang akan datang

Dampak kebijakan adalah keseluruhan efek yang ditimbulkan oleh suatu kebijakan dalam kondisi kehidupan nyata (Dye, 1981). Menurut Anderson (1984), semua bentuk manfaat dan biaya kebijakan , baik yang langsung maupun yang akan datang, harus diukur dalam bentuk efek simbolis atau efek nyata.

terdapat sejumlah dampak kebijakan yang perlu diperhatikan di dalam evaluasi kebijakan, yakni :
1. Dampak kebijakan terhadap situasi atau kelompok target. Objek yang dimaksud sebagai sasaran kebijakan harus jelas. Misalnya masyarakat miskin (berdasarkan keriteria tertentu), para pengusaha kecil, kelompok anak-anak sekolah yang termarjinalkan, atau siapa saja yang menjadi sasaran. Efek yang dituju oleh kebijakan juga harus ditentukan. Jika berbagai kombinasi sasaran tersebut dijadikan fokus masa analisisnya menjadi lebih rumit karena prioritas harus diberikan kepada berbagai efek yang dimaksud. Disamping itu, perlu dipahami bahwa kebijakan kemungkinan membawa konsekuensi yang diinginkan atau tidak diinginkan.
2). Dampak kebijakan terhadap situasi atau kelompok lain selain situasi atau kelompok target. Hal ini disebut efek eksternalitas atau spillover, karena jumlah sejumlah outcome kebijakan publik sangat berarti dipahami dengan istilah eksternalitas. Faktanya : dampak kebijakan penanggulangan kemiskinan melalui beberapa program (Program Pengembangan Kecamatan, Kemitraan Bagi Pengembangan Ekonomi Lokal, CERD, P2KP, Program Pengembangan Prasarana Perdesaan, dan sebagainya), telah melibatkan secara langsung dan tidak langsung berbagai pihak, termasuk pemerintah, pengusaha, aparat pemerintah daerah, tokoh-tokoh masyarakat, guru, penyuluh kesehatan, konsultan, kontraktor dan sebagainya
3).Dampak kebijakan terhadap kondisi sekarang dan kondisi masa yang akan datang Faktanya : Dampak kebijakan penanggulangan kemiskinan melalui beberapa program seperti tersebut diatas, telah menguatkan fondasi ekonomi kerakyatan dan kemandirian masyarakat miskin khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Baca Juga :  Planet yang jari-jarinya paling besar adalah ....

Jadi, jawaban tepat adalah dampak kebijakan yang perlu diperhatikan di dalam evaluasi kebijakan, yakni Dampak kebijakan terhadap situasi atau kelompok target. Dampak kebijakan terhadap situasi atau kelompok lain selain situasi atau kelompok target. Dampak kebijakan terhadap kondisi sekarang dan kondisi masa yang akan datang.