Apa yang dimaksud dengan zaman perundingan

apa yang dimaksud dengan zaman perundingan

Masa perundagian adalah masa dimana masyarakatnya telah menemukan cara mengolah bijian logam dan membuatnya menjadi perkakas logam.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Masa perundagian adalah masa ketika manusia yang hidup pada masa ini sudah mulai mengenal kebudayaan logam. Masa ini ditandai dengan munculnya para undagi, yaitu orang atau pengerajin yang paham dalam tata cara mengolah bijian logam. Logam diolah dan dijadikan berbagai macam barang yang bermanfaat untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Perkembangan teknologi pada masa perundagian ditandaidengan penguasaan teknik pelogaman yang bisa menghasilkan benda logam dengan bentuk sederhana sampai rumit. Benda logam sederhana biasanya berupa bejana, nekara dll, untuk benda rumit berupa perhiasan, arca atau patung dengan fungsi yang bermacam-macam. Pada masa ini juga sudah mulai berkembang sistem kepercayaan yang menyebabkan adanya aktivitas seperti ritual kepercayaan/keagamaan. Ritual tersebut berupa penguburan mayat, menyembah dewa, menyembah benda-benda yang diyakinni mengandung ruh/jiwa dll. Nantinya dibuatlah benda-benda dari logam yang difungsikan untuk simbol status sosial dalam ritual/adat kebudayaan pada masa tersebut.

Dengan demikian, masa perundagian adalah masa dimana masyarakatnya telah menemukan cara mengolah bijian logam dan membuatnya menjadi perkakas logam.

Baca Juga :  Aris: posis inis. Pelari man berikut dengan tepat. D. 2. HOTS Perhatikan gambar berikut. Jelaskan perbedaan gerak lengan antara gambar A dan gambar B terhadap hasil kecepatan lari pada lari jarak pendek. Jelaskan bagaimana cara melatih sikap tubuh yang benar sehingga mendukung keberhasilan seorang pelari dalam mempercepat laju gerak lari.​