Pada proses pembuatan tape memanfaatkan tiga mikroorganisme yang ada pada ragi, mikroorganisme yang membantu proses fermentasi amilum menjadi glukosa adalah ….

Pada proses pembuatan tape memanfaatkan tiga mikroorganisme yang ada pada ragi, mikroorganisme yang membantu proses fermentasi amilum menjadi glukosa adalah ….

Jawabannya adalah š˜ˆš˜“š˜±š˜¦š˜³š˜Øš˜Ŗš˜­š˜­š˜¶š˜“ sp.

Bioteknologi adalah suatu penggunaan organisme atau bagian dari organisme untuk membuat suatu produk atau jasa yang bermanfaat bagi manusia. Berdasarkan prinsip yang diterapkan bioteknologi dibagi menjadi 2 yaitu, bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern. Tape adalah salah satu produk bioteknologi berbahan dasar singkong. Mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan tape adalah jamur yaitu š˜ˆš˜“š˜±š˜¦š˜³š˜Øš˜Ŗš˜­š˜­š˜¶š˜“ sp., khamir yaitu š˜šš˜¢š˜¤š˜¤š˜©š˜¢š˜³š˜°š˜®š˜ŗš˜¤š˜¦š˜“ š˜¤š˜¦š˜³š˜¦š˜·š˜Ŗš˜“š˜Ŗš˜¢š˜¦, dan bakteri yaitu š˜ˆš˜¤š˜¦š˜µš˜°š˜£š˜¢š˜¤š˜µš˜¦š˜³ š˜¢š˜¤š˜¦š˜µš˜Ŗ.

Berikut penjelasan masing-masing mikroorganisme pada pembuatan tape:
– Amilum akan dihidrolisis oleh jamur yaitu š˜ˆš˜“š˜±š˜¦š˜³š˜Øš˜Ŗš˜­š˜­š˜¶š˜“ sp. sehingga dihasilkan glukosa.
Glukosa akan difermentasi oleh khamir yaitu š˜¢š˜¤š˜¤š˜©š˜¢š˜³š˜°š˜®š˜ŗš˜¤š˜¦š˜“ š˜¤š˜¦š˜³š˜¦š˜·š˜Ŗš˜“š˜Ŗš˜¢š˜¦ sehingga dihasilkan karbon dioksida dan alkohol.
Alkohol akan difermentasi oleh bakteri š˜ˆš˜¤š˜¦š˜µš˜°š˜£š˜¢š˜¤š˜µš˜¦š˜³ š˜¢š˜¤š˜¦š˜µš˜Ŗ sehingga dihasilkan asam cuka dan uap air.

Jadi, mikroorganisme yang membantu proses fermentasi amilum menjadi glukosa pada tape adalah š˜ˆš˜“š˜±š˜¦š˜³š˜Øš˜Ŗš˜­š˜­š˜¶š˜“ sp.

Baca Juga :  Adanya interaksi antar ruang menimbulkan fenomena yang banyaknya masyarakat indonesia lebih gemar membeli barang dari luar negeri hal ini menandakan salah satu dampak ada interaksi antar ruang yaitu...