Berikut ini adalah gambar model atom sesuai perkembangan: Pasangan model atom yang sesuai gambarnya adalah

Berikut ini adalah gambar model atom sesuai perkembangan:
Pasangan model atom yang sesuai gambarnya adalah
(A) John Dalton-1 dan Rutherford-11
(B) J. J. Thomson-11 dan Niels Bohr-III
(C) Mekanika Kuantum-V dan John Dalton-Il
(D) Niels Bohr-III dan Rutherford-11
(E) J. J. Thomson-11 dan Mekanika Kuantum-V

Berikut ini adalah gambar model atom sesuai perkembangan: Pasangan model atom yang sesuai gambarnya adalah

Jawaban yang tepat : E

Dua orang filsuf Yunani yaitu Leucippus dan Democritus mengatakan bahwa setiap semua materi disusun oleh partikel-partikel yang sangat kecil dan tidak dapat dibagi-bagi. Partikel-partikel kecil itu diberi nama atom.

Perkembangan teori atom

I. Teori atom dalton, atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur-unsur dan tidak dapat dibagi lagi seperti bola pejal ( gambar I )

2. Teori atom J.J Thomson, atom adalah sebuah bola pejal atau bola biliar yang bermuatan positif yang memuat beberapa partikel bermuatan negatif atau elektron. Elektron-elektron ini akan tersebar pada bola seperti kismis pada roti ( gambar II ).

3. Teori atom Rutherford, menurut Rutherford
-Atom terdiri atas inti atom yang bermuatan positif dan dikelilingi elektron-elektron yang bermuatan nehatif seperti model tata surya.
-Atom bersifat netral karena muatan positif sebanding dengan muatan negatif.
-Selama mengitari inti, gaya sentripetal pada elektron terbentuk oleh gaya tarik menarik antara elektron dengan gaya inti atom (gaya Coulomb).
-Sebagian besar volume atom adalah ruang kosong (bukan pejal). Hal itu disebabkan oleh Jari-jari inti atom jauh lebih kecil dari jari-jari atom. ( Gambar III )

4. Teori atom Niels Bohr, menurut Bohr atom seperti peredaran planet mengelilingi tata Surya. Elektron-elektron yang mengelilingi inti atom yang terdiri dari Proton dan Neutron dan di lintasan-lintasan tertentu disebut dengan kulit elektron atau tingkat energi. Setelah mengelilingi inti atom, elektron itu bisa berpindah dari satu kulit ke kulit lainnya dengan penyerapan atau pemancaran dari beberapa energi tertentu ( gambar IV ).

Baca Juga :  Sec 330°. tan 120°. sin 315°=...

5. Teori atom mekanika kuantum, menurut Louis de Broglie, berlaku sifat dualisme pada elektron, yaitu elektron bukan hanya sekadar sebagai partikel, tetapi juga sebagai gelombang. Elektron akan bergerak seperti gelombang dan memiliki lintasan yang juga merupakan gelombang ( gambar V )

Jadi, dapat disimpulkan pasangan model atom yang sesuai dengan gambar adalah J.J Thomson-II dan mekanika kuantum -V.