Suatu unsur memiliki diagram orbital sebagai berikut. Unsur Y dalam tabel periodik terdapat pada golongan dan periode berturut-turut

Suatu unsur memiliki diagram orbital sebagai berikut.
Unsur Y dalam tabel periodik terdapat pada golongan dan periode berturut-turut
a. IA, 3
b. IIIA, 3
c. IVA, 4
d. VIA, 3
e. VIIA, 2

Suatu unsur memiliki diagram orbital sebagai berikut. Unsur Y dalam tabel periodik terdapat pada golongan dan periode berturut-turut

Jawaban yang benar adalah D. VIA, 3.

Pada teori atom mekanika kuantum, suatu kulit (tingkat energi) terdiri dari subkulit (sub tingkat energi) dan orbital. Pengisian elektron ke dalam subkulitvmengikuti prinsip Aufbau, yaitu pengisian elektron dimulai dari subkulit dengan energi terendah.
Pada soal di atas, konfigurasinya adalah
Y : [Ne] 3s² 3p⁴
Untuk menentukan periode dapat dilihat dari jumlah kulit. Dari konfigurasi tersebut, berakhir pada kulit ke 3 (angka terbesar) sehingga unsur Y terletak pada periode ke 3.
Karena berakhir pada subkulit s dan p maka golongannya adalah golongan A, yaitu VIA.
s² p⁴ → 2+4 = 6

Jadi, unsur Y dalam tabel periodik terdapat pada golongan VIA dan periode 3.

Baca Juga :  Kabel suspensi lift 1000 kg terkunci, membuat lift bergerak ke bawah melalui porosnya. rem darurat lift menghentikan lift sesaat sebelum mencapai bagian bawah poros. jika elevator jatuh sejauh 100 m mulai dari keadaan diam, kalor yang harus dikeluarkan oleh rem agar elevator dapat berhenti dengan aman adalah … joule.