Saat orangtua Laila datang, alangkah kagetnya mereka melihat rumah dipenuhi banyak benda yang mereka butuhkan. Ibunya hampir menangis karena merasa sangat bahagia karena kebutuhan mereka dapat tercukupi. Meskipun begitu, Laila menggunakan pensil ajaibnya dengan bijak. Ia tidak sembarangan menciptakan benda dengan pensil ajaibnya. la tahu bahwa bersikap berlebihan nantinya akan menimbulkan petaka baik untuk dirinya maupun dengan keluarganya. Kutipan teks tersebut dalam teks cerita fantasi termasuk struktur bagian ….

Saat orangtua Laila datang, alangkah kagetnya mereka melihat rumah dipenuhi banyak benda yang mereka butuhkan. Ibunya hampir menangis karena merasa sangat bahagia karena kebutuhan mereka dapat tercukupi. Meskipun begitu, Laila menggunakan pensil ajaibnya dengan bijak. Ia tidak
sembarangan menciptakan benda dengan pensil ajaibnya. la tahu bahwa bersikap berlebihan nantinya akan menimbulkan petaka baik untuk dirinya maupun dengan keluarganya.
Kutipan teks tersebut dalam teks cerita fantasi termasuk struktur bagian ….
A. komplikasi
B. interpretasi
C. orientasi
D. resolusi

Jawaban yang benar adalah E.

Mari cermati pembahasan berikut ini!

Teks cerita inspiratif adalah teks narasi yang bertujuan untuk membuat pembacanya menjadi lebih termotivasi dan terinspirasi setelah membaca cerita tersebut.

Struktur-struktur teks cerita inspiratif adalah sebagai berikut.
1. Orientasi.
Bagian ini berisi pembuka cerita yang mengenalkan tokoh dan peristiwa yang akan dihadapinya.
2. Rangkaian peristiwa.
Pada bagian ini berisi kisah tokoh dan peristiwa yang akan menghantarkan pembaca ke bagian puncak cerita/konflik.
3. Komplikasi.
Komplikasi merupakan inti cerita. Bagian ini berisi kisah yang menjadi inspirasi, yaitu tokoh menceritakan bagaimana dirinya melewati rintangan tersebut.
4. Resolusi.
Resolusi adalah peristiwa yang menyadarkan tokoh tentang kebaikan.
5. Koda.
Koda merupakan penutup cerita. Bagian ini berisi kesimpulan dan pesan moral.

Berdasarkan soal, kutipan teks tersebut berisi kesadaran tokoh tentang kebaikan, yaitu bijak dalam melakukan sesuatu secara tidak berlebihan. Bukti kalimatnya adalah “Ia tidak sembarangan menciptakan benda dengan pensil ajaibnya. la tahu bahwa bersikap berlebihan nantinya akan menimbulkan petaka baik untuk dirinya maupun dengan keluarganya.” Struktur yang berisi peristiwa yang menyadarkan tokoh tentang kebaikan seperti pada kutipan tersebut adalah struktur resolusi.

Baca Juga :  Rumus suku ke n -6, -10, -14, -18​

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Semoga membantu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.