Berikan salahsatu contoh peran badan usaha baik BUMN maupun BUMS yang ada di Indonesia yang memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan bangsa !

Berikan salahsatu contoh peran badan usaha baik BUMN maupun BUMS yang ada di Indonesia yang memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan bangsa !

Jawaban
Turut aktif memberikan bimbingan kegiatan sektor swasta, khususnya pengusaha golongan ekonomi lemah.

Pembahasan
Peranan BUMN ditegaskan dalam Undang – Undang Nomor 19 Tahun 2003, yaitu sebagai berikut:
1. Memberikan sumbangan bagi perekonomian nasional umumnya dan penerimaan negara khususnya.
2. Mengadakan pemupukan keuntungan dan pendapatan.
3. Menyediakan kebutuhan umum berupa barang dan jasa yang bermutu dan memadai bagi pemenuhan hajat orang banyak.
4. Menjadi perintis kegiatan – kegiatan usaha swasta dan koperasi.
5. Menyelenggarakan kegiatan usaha yang bersifat melengkapi kegiatan swasta dan koperasi, antara lain menyediakan kebutuhan masyarakat, baik dalam bentuk barang maupun jasa dengan memberikan pelayanan yang bermutu dan memadai.
6. Turut aktif memberikan bimbingan kegiatan sektor swasta, khususnya pengusaha golongan ekonomi lemah.
7. Turut aktif melaksanakan dan menunjang pelaksanaan kebijaksanaan dan program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan umumnya.

Pada peran ke 6 menunjukkan bahwa BUMN memiliki peran untuk meningkatkan pengetahuan pengusaha kecil melalui bimbingan usaha. Hal ini menunjukkan peran BUMN dalam pendidikan non formal bagi masyarakat utamanya bagi wirausahawan.

Jadi, peran BUMN yang menunjukkan kontribusi terhadap pendidikan adalah “turut aktif memberikan bimbingan kegiatan sektor swasta, khususnya pengusaha golongan ekonomi lemah”.

Baca Juga :  Massa jenis nasi adalah 0,87 gram/cm3, maka berapa banyak gram nasi basi yang dibutuhkan untuk pembuatan pupuk jika satu botol terdapat 5 bola nasi basi yang masingmasing volumenya adalah 14 cm3?