Gagasan pada paragraf ke-1 akan mudah dipahami apabila urutan kalimatnya adalah ….

(1) Kerja sama adalah suatu usaha bersama antara individu atau kelompok sosial untuk mencapai tujuan bersama. (2) Kerja sama dilakukan saat manusia berinteraksi dengan sesamanya. (3) Kebiasaan dan sikap mau bekerja sama dimulai sejak dini, mulai dalam kehidupan keluarga lalu meningkat dalam kelompok sosial yang lebih luas. (4) Kerja sama berawal dari kesamaan orientasi. (5) Dalam kerja sama, tugas-tugas yang dibebankan kepada tiap individu dapat berbeda satu sama lain.

(6) Salah satu bentuk kerja sama adalah gotong royong, yakni mengerjakan sesuatu secara bersama-sama. (7) Gotong royong adalah sikap bekerja bersama-sama dalam menyelesaikan pekerjaan dan menikmati hasil pekerjaan tersebut secara adil. (8) Gotong royong merupakan suatu usaha atau pekerjaan yang dilakukan tanpa pamrih dan dilakukan secara sukarela oleh semua warga menurut batas kemampuannya masing-masing. (9) Gotong royong merupakan ciri khas dan budaya masyarakat Indonesia yang didorong adanya kesadaran bahwa manusia memerlukan bantuan orang lain dalam kehidupannya. (10) Manusia dapat hidup secara wajar apabila bersama-sama dengan manusia lainnya.

Gagasan pada paragraf ke-1 akan mudah dipahami apabila urutan kalimatnya adalah ….
(A) 1-3-2-4-5
(B) 1-4-2-3-5
(C) 1-5-2-3-4
(D) 2-1-3-4-5
(E) 2-3-1-5-4

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah A.

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Paragraf padu adalah paragraf yang kalimat-kalimatnya tersusun secara logis dan serasi.

Langkah-langkah mengurutkan kalimat-kalimat menjadi paragraf padu adalah sebagai berikut:
1) Bacalah dengan cermat.
2) Pilihlah data yang bersifat umum dan memuat gagasan utama. Gunakan data tersebut sebagai kalimat utama kemudian diikuti kalimat penjelas.
3) Perhatikan penanda wacana atau kata penghubung seperti pertama, lalu, setelah itu, kemudian, dan akhirnya. Kata pertama biasanya berada di awal teks, sedangkan kata akhirnya berada di akhir teks.
4) Susun data atau kalimat yang disajikan menjadi paragraf padu.

Baca Juga :  Bila diketahui fungsi tabungan: S = -50 + 0,15Yd, maka besarnya marginal propensity to consume (MPC) adalah . . . * 0,15 0,65 0,85 -50 50

Gagasan pada paragraf ke-1 akan mudah dipahami apabila urutan kalimatnya adalah (1)-(3)-(2)-(4)-(5).
(1) Kerja sama adalah suatu usaha bersama antara individu atau kelompok sosial untuk mencapai tujuan bersama.
(3) Kebiasaan dan sikap mau bekerja sama dimulai sejak dini, mulai dalam kehidupan keluarga lalu meningkat dalam kelompok sosial yang lebih luas.
(2) Kerja sama dilakukan saat manusia berinteraksi dengan sesamanya.
(4) Kerja sama berawal dari kesamaan orientasi.
(5) Dalam kerja sama, tugas-tugas yang dibebankan kepada tiap individu dapat berbeda satu sama lain.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Semoga membantu ya 😊