Jelaskan apa tahapan kerjasama dalam proses integrasi

jelaskan apa tahapan kerjasama dalam proses integrasi

Jawaban yang benar adalah tahap tiap individu saling menyesuaikan diri, dalam kerja sama tiap individu berusaha saling mengerti, dan pada akhirnya meneguhkan kesatuan.

Integrasi sosial diartikan sebagai proses pembauran, atau penyesuaian yang berupa suatu pola hubungan terhadap suatu perbedaan berupa fisik, emosional, budaya, ras, dan perilaku di masyarakat yang menjadi satu kesatuan. Adapun tahapan integrasi sosial dibagi atas 4 sebagai berikut.
1. Tahap akomodasi, berarti tahap di mana individu saling menyesuikan diri atau berdaptasi
2. Tahap kerja sama, berarti tahap selanjutnya setelah tiap individu saling menyesuaikan diri, dalam kerja sama tiap individu berusaha saling mengerti, dan pada akhirnya meneguhkan kesatuan
3. Tahap koordinasi, berarti tahap setelah kerja sama, yang mengharuskan berbagai kerja sama diakhiri dengan tercapainya tujuan bersama
4. Tahap asimilasi, berarti tahap akhir dalam proses integrasi sosial, yaitu tiap individu saling memahami, dan terbangun solidaritas kelompok, meski berbeda budaya, ras, dan agama.

Jadi, jawaban yang benar adalah tahap tiap individu saling menyesuaikan diri, dalam kerja sama tiap individu berusaha saling mengerti, dan pada akhirnya meneguhkan kesatuan.

Baca Juga :  Rumus kimia dari molto? ​