Masalah pengangguran tidak hanya terjadi di negara berkembang, tetapi juga negara maju seperti Amerika serikat.masalah pengangguran di negara tersebut disebabkan oleh faktor..

Masalah pengangguran tidak hanya terjadi di negara berkembang, tetapi juga negara maju seperti Amerika serikat.masalah pengangguran di negara tersebut disebabkan oleh faktor..
a. tingginya persaingan kerja
b. Rendahnya upah tenaga kerja
C. terbatasnya lapangan pekerjaan
D. Sedikitnya penduduk usia produktif

Jawaban yang benar adalah C. terbatasnya lapangan pekerjaan.

Pembahasan:
Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang berada di Benua Amerika dan termasuk negara maju di dunia. Walaupun demikian, Amerika Serikat juga memiliki masalah pengangguran karena pengangguran merupakan salah satu masalah utama yang selalu dihadapi setiap negara. Hal tersebut disebabkan jumlah penduduk yang bertambah semakin besar tiap tahunnya dan meningkatnya jumlah tenaga kerja. Jika tenaga kerja tidak dapat terserap ke dalam lapangan pekerjaan, maka mereka akan tergolong ke dalam orang yang menganggur.

Faktor penyebab terjadinya pengangguran di Amerika Serikat adalah sebagai berikut.
a. Lulusan program pendidikan dan banyaknya imigran datang ke Amerika Serikat, sehingga lapangan kerja setiap tahun selalu meningkat tidak pernah mengalami penurunan.
b. Keterbatasan lapangan kerja yang tersedia lebih kecil dari jumlah pencari kerja.
c. Kompetensi pencari kerja tidak sesuai dengan pasar kerja.
d. Memiliki pendidikan yang tinggi, namun tidak memiliki peluang kerja dikarenakan tidak memiliki akses dan berpotensi tidak memiliki pekerjaan.
e. Kurang efektifnya informasi pasar kerja bagi para pencari kerja.

Jadi, masalah pengangguran di negara tersebut disebabkan oleh faktor C. terbatasnya lapangan pekerjaan.

Baca Juga :  Berdasarkan gambar di samping tentukan: cepat rambat gelombang !