Pasangan larutan di bawah ini termasuk larutan non elektrolit, kecuali…

Pasangan larutan di bawah ini termasuk
larutan non elektrolit, kecuali…
a. Gula dan urea
b. Asam cuka dan garam
c. Alkohol dan amoniak
d. Amoniak dan gula
e. Alkohol dan air

Jawaban yang benar untuk pertanyaan tersebut adalah B.

Berdasarkan daya hantarnya, larutan dapat dibedakan menjadi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan listrik, sedangkan nonelektrolit tidak dapat menghantarkan listrik. Suatu larutan dapat menghantarkan listrik jika memiliki ion-ion yang bergerak bebas.

Larutan elektrolit dapat menghantarkan arus llistrik karena dapat terionisasi sempurna, sehingga memiliki ion-ion yang bergerak bebas. Contoh larutan yang termasuk elektrolit adalah garam (NaCl, CaCl2, KNO3), asam kuat (HCl, HNO3, H2SO4), asam lemah (CH3COOH, HF, HNO2), basa kuat (NaOH, KOH, Ca(OH)2), dan basa lemah (NH3, NH4OH).

Nonelektrolit adalah zat yang sama sekali tidak ada aliran listrik, hal ini disebabkan tidak ada ion-ion yang bebas bergerak. Contoh larutan yang termasuk nonelektrolit adalah alkohol (CH₃OH), urea (CO(NH₂)₂), golongan gula (glukosa, sukrosa) dan senyawa kovalen nonpolar (O2, CCl4).

Pasangan larutan yang bukan nonelektrolit maksudnya adalah larutan elektrolit, yaitu asam cuka (CH3COOH) dan garam.

Jadi, pasangan larutan yang termasuk larutan non elektrolit, kecuali asam cuka dan garam.

Baca Juga :  0. 6. Jika terjadi penurunan minat kosumen, maka yang terjadi adalah .... a. penambahan produksi keterlambatan distribusi penurunan produksi b. C. d. perubahan cara produksi​