Elektrolisis larutan nacl jenuh dengan elektrode grafit menghasilkan….

Elektrolisis larutan nacl jenuh dengan elektrode grafit menghasilkan….

Jawaban yang benar adalah gas H₂, gas Cl₂, dan ion OH⁻.

Pembahasan:

Elektrolisis merupakan elektrokimia yang mengubah energi dari energi listrik menjadi energi kimia. Reaksi elektrolisis di katode bergantung dengan kation. Pada kation dari larutan golongan IA, golongan IIA, ion Al³⁺ dan Mn²⁺ yang bereaksi adalah H₂O. Sementara kation larutan golongan lain dan lelehan golongan IA, golongan IIA, ion Al³⁺ dan Mn²⁺ yang bereaksi adalah kation itu sendiri.

Sementara reaksi di anode bergantung dengan anode dan anion. Apabila anode yang digunakan inert dan anionnya sisa asam oksi (NO₃⁻, SO₄²⁻, PO₄³⁻), maka yang bereaksi adalah H₂O. Apabila anode yang digunakan inert dan anion yang digunakan bukan asam oksi, maka yang bereaksi adalah anion itu sendiri. Apabila anode yang digunakan tak inert, maka yang bereaksi adalah anode itu sendiri.

Berdasarkan soal, larutan NaCl terdiri dari kation Na⁺ dan anion Cl⁻. Kation Na⁺ termasuk golongan IA, sehingga yang bereaksi adalah air. Reaksi menggunakan anode grafit yang termasuk anode inert dan anionnya adalah Cl⁻, sehingga yang bereaksi adalah anion itu sendiri. Reaksi elektrolisisnya adalah sebagai berikut:
Katode: 2H₂O + 2e → 2OH⁻ + H₂
Anode: 2Cl⁻ → Cl₂ + 2e⁻

Jadi, elektrolisisi larutan NaCl dengan elektrode grafit menghasilkan gas H₂, gas Cl₂, dan ion OH⁻.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  7. Sebuah benda dapat berubah wujud sesuai suhunya. Saat benda tersebut berwujud A, jarak antar partikelnya lebih jauh daripada saat benda tersebut berwujud B. Sedangkan saat berwujud B, jarak antar partikelnya lebih jauh daripada saat berwujud C. Dari keterangan di atas, ketika dalam keadaan B benda tersebut berwujud .... A. padat B. cair C. gas D. B dan C benar​