Senyawa MgCl2 jika terlarut dalam air dapat menghasilkan larutan elektrolit karena memiliki jenis ikatan… (a) ion (b) kovalen polar (c) kovalen nonpolar (d) koordinasi (e) kovalen semipolar

senyawa MgCl2 jika terlarut dalam air dapat
menghasilkan larutan elektrolit karena memiliki jenis
ikatan…
(a) ion
(b) kovalen polar
(c) kovalen nonpolar
(d) koordinasi
(e) kovalen semipolar

Jawaban: A. Ion

Padatan MgCl2 yang dilarutkan dalam air akan menghasilkan larutan MgCl2. Dimana, apabila larutan MgCl2 terionisasi dalam air akan membentuk ion-ionnya seperti reaksi berikut:
MgCl2 (aq) ⇌ Mg^2+ (aq) + 2Cl- (aq)

Berdasarkan reaksi tersebut, yang berperan sebagai kation adalah ion magnesium (Mg^2+) dan anion adalah ion klorida (Cl-). Ion magnesium berasal dari atom Mg yang merupakan unsur logam golongan IIA, dan ion klorida berasal dari atom Cl yang merupakan unsur nonlogam golongan VIIA. Apabila suatu senyawa terbentuk dari kation logam dan anion nonlogam atau anion poliatomik akan membentuk suatu senyawa ionik.

Senyawa ionik adalah senyawa yang mengandungg ikatan ion, dimana ikatan ini terjadi akibat gaya elektrostatik. Senyawa ionik dapat menghantarkan listrik. Hal ini dikarenakan, senyawa ionik yang dilarutkan dalam air akan membentuk ion-ion bebas.

Jadi, laruta elektrolit MgCl2 dapat menghantarkan listirk karena memiliki ikatan ion.

Baca Juga :  Unsur-unsur dalam satu periode mempunyai ...