Larutan timbal(II) nitrat direaksikan dengan larutan kalium kromat menghasilkan larutan kalium nitrat yang tidak berwarna dan endapan berwarna kuning sesual persamaan berikut. Pb(NO),(aq) K,Cro (aq) X(s)+2KNO,(aq) Nama senyawa X (IUPAC) yang dihasilkan dari reaksi tersebut adalah…..

Larutan timbal(II) nitrat direaksikan dengan larutan kalium kromat menghasilkan larutan kalium nitrat yang tidak berwarna dan endapan berwarna kuning sesual persamaan berikut. Pb(NO),(aq) K,Cro (aq) X(s)+2KNO,(aq)

Nama senyawa X (IUPAC) yang dihasilkan dari reaksi tersebut adalah…..

Jawaban yang benar adalah PbCrO4 (Timbal(II) kromat).

Reaksi kimia adalah apabila suatu zat mengalami perubahan kimia menghasilkan zat baru yang memiliki sifat yang berbeda dari zat asal atau mengubah zat pereaksi (reaktan/sebelah kiri) menjadi zat hasil reaksi (produk/sebelah kanan). Terjadinya reaksi kimia dapat ditandai dengan terbentuknya endapan, terbentuk gas, terjadi perubahan warna atau perubahan panas/kalor.

Larutan timbal(II) nitrat direaksikan dengan larutan kalium kromat menghasilkan larutan kalium nitrat yang tidak berwarna dan endapan berwarna kuning.

Timbal(II) nitrat + kalium kromat ==> X + 2KNO3
Sehingga persamaan reaksi yang terjadi :
Pb(NO3)2 + K2CrO4 ==> PbCrO4 + 2KNO3

Berdasarkan reaksi di atas, senyawa X yang dihasilkan adalah PbCrO4 (Timbal(II) kromat)

Dengan demikian, nama senyawa X (IUPAC) yang dihasilkan dari reaksi tersebut adalah PbCrO4 (Timbal(II) kromat)

Baca Juga :  Apa perbedaan lemah, letih, lesu, lunglai, lemas??