Breaking News

Peradaban islam mulai masuk ke nusantara secara cepat dan menggantikan peradaban hindu-buddha. ada beberapa metode yang digunakan dalam penyebaran islam di nusantara yaitu perdagangan, pernikahan, pendidikan, seni budaya, dakwah, dan tasawuf. di antara metode penyebaran islam di nusantara, manakah yang paling memengaruhi penyebaran islam? jelaskan alasannya!

peradaban islam mulai masuk ke nusantara secara cepat dan menggantikan peradaban hindu-buddha. ada beberapa metode yang digunakan dalam penyebaran islam di nusantara yaitu perdagangan, pernikahan, pendidikan, seni budaya, dakwah, dan tasawuf. di antara metode penyebaran islam di nusantara, manakah yang paling memengaruhi penyebaran islam? jelaskan alasannya!

Jawaban: perdagangan

Simak pembahasan berikut.

Dijelaskan oleh J. C. van Leur bahwa motif ekonomi merupakan faktor penting masyarakat Indonesia mulai beragama Islam. Hal ini berkaitan dengan kerja sama serta hubungan saling menguntungkan antara penguasa lokal dan pedagang Islam itu sendiri. Penguasa lokal menyadari bahwa memeluk Islam akan mempengaruhi peningkatan kegiatan perdagangan di wilayahnya.

Penguasa lokal akan memperoleh kekuasaan untuk menguasai sumber ekonomi yang disediakan oleh pedagang muslim dan pedagang muslim mendapat perlindungan dan konsesi dagang dari penguasa lokal. Rakya yang saat itu masih dipengaruhi oleh Hindu-Buddha masih menganggap bahwa apa yang dipercaya oleh Raja merupakan hal yang baik sehingga dikala Raja memeluk Islam maka seluruh rakyat di wilayah tersebut juga akan memeluk Islam.

Dengan demikian, metode yang paling mempengaruhi penyebaran Islam adalah perdagangan.

Baca Juga :  Pencemaran sungai yang diakibatkan oleh pembuangan limbah industri mengakibatkan semakin terancamnya kelestarian ekosistem tersebut. Usaha yang harus dilakukan untuk mengatasi pencemaran tersebut adalah dengan mengolah limbah industri sebelum dibuang ke sungai (benar/salah)