Berikut tabel data hasil percobaan daya hantar listrik terhadap beberapa air limbah Pasangan air limbah yang digolongkan sebagai elektrolit kuat dan nonelektrolit adalah

Berikut tabel data hasil percobaan daya hantar listrik terhadap beberapa air
limbah
Pasangan air limbah yang digolongkan sebagai elektrolit kuat dan nonelektrolit
adalah
(A) A dan B
(B) A dan C
(C) B dan D
(D) A dan D
(E) D dan E

Berikut tabel data hasil percobaan daya hantar listrik terhadap beberapa air limbah Pasangan air limbah yang digolongkan sebagai elektrolit kuat dan nonelektrolit adalah

Jawaban yang benar adalah D.

Larutan elektrolit merupakan larutan yang dapat menghantarkan listrik, sedangkan larutan nonelektrolit tidak dapat menghantarkan listrik. Untuk menyelidiki sifat elektrolit larutan dapat digunakan alat uji elektrolit / uji daya hantar listrik.

Jika larutan yang diuji adalah larutan elektrolit kuat maka lampu akan menyala terang dan timbul banyak gelembung gas pada elektroda. Jika larutan yang diuji adalah larutan elektrolit lemah, maka ada beberapa kemungkinan yaitu lampu menyala redup dan timbul sedikit gelembung gas / lampu mati tetapi terdapat sedikit gelembung gas / lampu menyala redup dan tidak terdapat gelembung gas. Sementara jika larutan yang diuji adalah larutan nonelektrolit maka lampu tidak menyala dan tidak terdapat gelembung gas.
Larutan elektrolit kuat memiliki nilai derajat ionisasi (α) = 1, elektrolit lemah 0<α<1, sementara larutan non elektrolit nilai α = 0.

Pada soal di atas, air limbah yang digolongkan sebagai elektrolit kuat yaitu A. Hal ini ditandai dengan nyala lampu terang, banyak gelembung gas, dan α = 1. Sementara air limbah yang digolongkan sebagai nonelektrolit yaitu D. Hal ini ditandai dengan lampu tidak menyala, tidak terdapat gelembung gas, dan nilai α = 0.

Jadi, pasangan air limbah yang digolongkan sebagai elektrolit kuat dan nonelektrolit adalah A dan D.

Baca Juga :  Jika diketahui a = 4 dan b = -2, maka nilai dari 2a² - 6ab + 2b² adalah...​