Kesultanan Islam pertama di pulau Jawa adalah……

kesultanan Islam pertama di pulau Jawa adalah……
a Banten
b Gowa
c Mataram
d demak

Jawaban yang benar adalah d. Demak

Soal menanyakan Apakah kesultanan Islam pertama di pulau Jawa.

Jawabannya dapat ditemukan dengan penjelasan berikut:

Dalam sejarah perjalanan kerajaan di Pulau Jawa, terdapat salah satu kerajaan yang terkenal dengan penyatuan seluruh Nusantara yakni Majapahit dengan corak Hindu Buddha. Akan tetapi, seiring dengan beberapa hal seperti perebutan kekuasaan dan datangnya pengaruh Islam, membuat kejayaan Majapahit sedikit demi sedikit hilang.

Di dalam suasana yang demikian, menurut Babad Tanah Jawi, dikatakan bahwa telah lahir seorang putra Raja Majapahit Brawijaya V dengan seorang perempuan asal Tiongkok yang telah memeluk agama Islam, bernama Raden Patah. Dalam perkembangannya kemudian, Raden Patah diberi wilayah kekuasaan Demak Bintoro sebagai bagian dari Kadipaten Majapahit.

Pada tahun 1478, ketika kekuasaan Majapahit mulai runtuh, Demak tampil sebagai Kesultanan Pertama Islam di Pulau Jawa, dengan sultan pertamanya Raden Patah yang memerintah sampai dengan 1518. Di bawah kepemimpinan Raden Patah, Demak menjadi pusat penyebaran agama Islam, dibantu dengan peran sentral dari sembilan orang wali (Wali Songo).

Jadi jawaban yang benar untuk soal tersebut adalah d. Demak

Baca Juga :  Lima data bilangan asli tidak lebih dari sepuluh mempunyai modus 5 dan rata rata 6. Jika terhadap lima data tersebut ditambah satu data bilangan asli yang tidak lebih dari 10, maka salah satu median yang mungkin dari 6 data tersebut adalah