Apa yang dimaksud dengan teori brahmana

apa yang dimaksud dengan teori brahmana

Jawaban: teori yang menjabarkan mengenai masuk dan berkembanganya agama Hindu-Buddha di Nusantara disebarkan oleh kaum Brahmana.

Untuk lebih jelasnya, yukk pahami penjelasan berikut ini.

Teori Brahmana dikemukakan oleh J. C. van Leur yang menjelaskan bahwa proses Hinduisasi di Nusantara merupakan peranan kaum Brahmana. Hal ini didasarkan pada bukti prasasti yang menggunakan bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa, karena bahasa dan huruf tersebut hanya dikuasai dengan baik oleh Brahmana. Diyakini bahwa para penguasa lokal memiliki kepentingan dengan mengundang para Brahmana untuk keperluan upacara keagamaan, seperti upacara inisiasi yang dilakukan oleh para Kepala Suku agar menjadi golongan Ksatria.

Dengan demikian, teori Brahmana merupakan teori yang menjabarkan bahwa penyebaran agama Hindu-Buddha dilakukan oleh kaum Brahmana.

Semoga membantu yaa 🙂

Baca Juga :  Diketahui persamaan grafik fungsi kuadrat 𝑦 = 12 + 4𝑥 − 𝑥2. Perhatikan pernyataan berikut. (i) Memotong sumbu Y di titik (0, 12). (ii) Memotong sumbu X di titik (–6, 0) (iii) Persamaan sumbu simetri; x = 2. (iv) Nilai maksimum = –16