Jelaskan ada beberapa bentuk demokrasi dalam sistem pemerintahan negara?

jelaskan ada beberapa bentuk demokrasi dalam sistem pemerintahan negara?

Jawaban yang benar adalah bentuk demokrasi dalam sistem pemerintah negara terbagi menjadi demokrasi langsung, tidak langsung, presidensial, parlementer, islam, dan pancasila.

Demokrasi berasal dari bahasa Yunan yaitu Demos yang berarti rakyat dan kratos yang berarti kekuasaan. Demokrasi adalah sistem pemerintahan yang berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Ada beberapa jenis demokrasi di seluruh negara yaitu:

1. Demokrasi langsung, yaitu sistem demokrasi yang pengambilan keputusan secara langsung tiap warga negara yang tanpa diwakili oleh siapapun.

2. Demokrasi tidak langsung yaitu demokrasi yang pengambilan keputusan oleh perwakilan warga negara.

3. Demokrasi Presidensial, yaitu presiden suatu negara memiliki sebagian besar kekuasaan atas pemerintah, presiden dipilih secara langsung oleh rakyat.

4. Demokrasi Parlementer, yaitu sistem demokrasi yang memberi lebih banyak kekuatan kepada legislatif.

5. Demokrasi Islam, yaitu demokrasi yang berdasar pada hukum Islam dalam menjalankan kebijakan publik.

6. Demokrasi Pancasila, yaitu demokrasi yang bersumber pada nilai-nilai sosial budaya bangsa serta berazaskan musyawarah mufakat dengan memprioritaskan kepentingan seluruh msyarakat seperti yang tercantum Pancasila, demokrasi pancasila berlaku di Indonesia.

Dengan demikian, bentuk demokrasi dalam sistem pemerintah negara terbagi menjadi demokrasi langsung, tidak langsung, presidensial, parlementer, islam, dan pancasila.

Baca Juga :  Jika p=3√2-5√3 dan q=√2+5√3,maka nilai dari p²-q²=...