Apa yang dimaksud dengan zaman neozoikum

apa yang dimaksud dengan zaman neozoikum

Zaman Neozoikum merupakan zaman kehidupan baru dimana keadaan bumi sudah membaik dan terbentuk seluruhnya.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Zaman Neozoikum merupakan zaman kehidupan baru, yaitu ketika keadaam bumi sudah membaik dan terbentuk seluruhnya. Zaman ini terjadi sekitar 65 juta tahun yang lalu, di mana para reptil raksasa seperti Dinosaurus mulai punah dan b i n a t a n g menyusui atau mamalia semakin berkembang. Zaman Neozoikum dibagi menjadi dua tahap sebagai berikut :

1. Zaman Tersier. Zaman ini terbagi menjadi beberapa masa, yaitu paleosen, eosen, oligosen, miosen dan pliosen. Pada masa ini, mulai muncul p r i m a t a seperti k e r a.

2. Zaman Kuarter terbagi menjadi dua yaitu Pleistosen (zaman diluvium) dan Holosen (zaman aluvium). Pada masaPleistosen, bumi mengalami pergantian kondisi muka bumi yang luar biasa. Masa ini ditandai dengan adanya dua masa yaitu masa glasial dan masa interglasial. Sedangkan masa Holosen ditandai dengan es di kutub yang sudah mencair dan meningkatnya per­mukaan laut dengan cepat dan makhluk raksasa mengalami kepunahan.

Dengan demikian, Zaman Neozoikum merupakan zaman kehidupan baru dimana keadaan bumi sudah membaik dan terbentuk seluruhnya.

Semoga membantu ya 🙂

Baca Juga :  Pengaruh kerajaan maritim pada masa islam