Neolitikum merupakan salah satu tahap perkembangan pada masa praaksara. salah satu corak kehidupan manusia zaman neolitikum adalah. ….

neolitikum merupakan salah satu tahap perkembangan pada masa praaksara. salah satu corak kehidupan manusia zaman neolitikum adalah. ….

Salah satu corak kehidupan manusia zaman neolitikum adalah mengalami perubahan pesat dari cara food gathering menjadi food producing.

Simak pembahasan berikut.

Pada Zaman Neolitikum, kehidupan manusia mulai menetap, serta mulai mengenal cara bercocok tanam meskipun masih sederhana. Pada zaman ini, budaya berburu juga masih dilakukan, namun manusia sudah dapat menghasilkan bahan makanannya sendiri. Peralatan yang digunakan pada masa ini telah mengalami peningkatan dengan cara diasah hingga halus, bahkan manusia pada masa ini juga sudah bisa membentuk beberapa peralatan dengan sentuhan estetik (memiliki nilai keindahan).

Peralatan yang telah diasah tersebut seperti halnya kapak lonjong dan kapak persegi. Di daerah Jawa Timur dan Sulawesi juga pernah ditemukan mata panah serta mata tombak yang diyakini digunakan untuk berburu dan keperluan lainnya. Pada zaman ini banyak ditemukan kapak lonjong serta kapak persegi dengan temuan di daerah yang berbeda-beda hal ini merupakan pertanda dari adanya perkembangan yang cukup signifikan. Adapun daerah yang banyak ditemukan kapak persegi adalah Jawa, Kalimantan, Sumatera, dan Nusa Tenggara.

Jadi, Salah satu corak kehidupan manusia zaman neolitikum adalah mengalami perubahan pesat dari cara food gathering menjadi food producing.

Baca Juga :  Bayi yang baru lahir akan mengeluarkan urine. Ini merupakan salah satu ciri mahluk hidup