Berikut beberapa pernyataan berkaitan dengan alat optik. (1) Perbesaran lup maksimum terjadi ketika pengamatan dilakukan tanpa akomodasi. (2) Penderita miopi dapat di bantu dengan lensa cekung. (3) Penderita hipermetropi kesulitan mengamati benda jauh. (4) Panjang teropong bumi dipengaruhi jarak focus lensa pembalik. Pernyataan yang benar……

Berikut beberapa pernyataan berkaitan dengan alat optik.
(1) Perbesaran lup maksimum terjadi ketika pengamatan dilakukan tanpa akomodasi.
(2) Penderita miopi dapat di bantu dengan lensa cekung.
(3) Penderita hipermetropi kesulitan mengamati benda jauh.
(4) Panjang teropong bumi dipengaruhi jarak focus lensa pembalik.
Pernyataan yang benar……
a.Tidak ada pernyataan yang benar.
b.terdapat 1 pernyataan yang benar.
c.terdapat 2 pernyataan yang benar.
d.terdapat 3 pernyataan yang benar.

Jawaban yang benar adalah c. Terdapat 2 pernyataan yang benar

(1) perbesaran lup maksimum terjadi ketika pengamatan dilakukan tanpa akomodasi, pernyataan tersebut kurang tepat karena perbesaran lup maksimum terjadi ketika pengamatan dilakukan dengan akomodasi.
(2)Penderita miopi dapat di bantu dengan lensa cekung, pernyataan tersebut benar karena penderita miopi(rabun jauh) dapat dibantu dengan lensa cekung.
(3)Penderita hipermetropi kesulitan mengamati benda jauh, pernyataan tersebut kurang tepat karena hipermetropi penyakit kesulitan mengamati benda dekat.
(4) Panjang teropong bumi dipengaruhi jarak fokus lensa pembalik, peryataan tersebut benar karena panjang teropong bumi dipengaruhi jarak fokus lensa pembalik.

Oleh karena itu jawaban yang benar adalah c. Terdapat 2 pernyataan yang benar.

Baca Juga :  2. Kusuma pergi ke toko buku yang berjarak 1,6 km dari rumahnya pukul 15.00. Supaya Kusuma dapat sampai di toko pukul 15.20, ia harus mengayuh sepedanya dengan kecepatan ... m/s. MEDALI SMP/MTs Ilmu Pengetahuan​