Perubahan apa yang akan meningkatkan laju reaksi antara I2(s) dan H2(g) ?

perubahan apa yang akan meningkatkan laju reaksi antara I2(s) dan H2(g) ?
a. Menurukan tekanan parsial H2(g)
b. Mereaksikan bongkahan I2(s) besar daripada bongkahan-bongkahan I2(s) kecil
c. memanaskan campuran reaksi
d. menambahkan inhibitor dalam reaksi
e. menambahkan jumlah bongkahan I2(s) kecil

Jawaban: Opsi jawaban C.

Laju reaksi adalah laju pengurangan konsentrasi molar pereaksi atau laju pertambahan konsentrasi molar produk dalam satu satuan waktu. Laju reaksi dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya:
1. Konsentrasi. Semakin besar konsentrasi maka semakin banyak jumlah partikel pereaksi, sehingga kemungkinan terjadinya tumbukan efektif semakin besar dan reaksi lebih cepat berlangsung.
2. Suhu. Semakin besar suhu maka energi kinetik partikel akan bertambah. Mobilitas dari partikel akan menyebabkan tumbukan semakin sering terjadi sehingga reaksi lebih cepat berlangsung.
3. Luas permukaan sentuh. Semakin besar luas permukaan sentuh maka reaksi akan semakin cepat berlangsung. Semakin halus ukuran partikel maka luas permukan sentuh semakin besar.
4. Katalis. Katalis mempercepat laju reaksi dengan cara menurunkan energi aktivasi suatu reaksi.

Berdasarkan soal, reaksi yang terjadi adalah:
I₂(s) + H₂(g) ⇌ 2HI(g)
Laju reaksi dapat ditingkatkan dengan cara menaikkan konsentrasi I₂, menaikkan suhu reaksi dengan cara memanaskan campuran reaksi, mereaksikan bongkahan I₂ kecil.

Jadi, perubahan yang dapat meningkatkan laju reaksi adalah memanaskan campuran reaksi.

Baca Juga :  Seorang anak sedang bermain skateboard dengan kecepatan 6 m/s dan massa skateboard 4 kg. apabila anak tersebut massanya 25 kg, berapakah kecepatan skateboard setelah anak tadi melompat ke depan dengan kecepatan 2 m/s?