Pada tahun 1825-1830 terjadi perang di salah satu wilayah di pulau jawa. perang tersebut disebabkan oleh penancapan tonggak-tonggak perbuatan jalan rel kereta api di tanah makam leluhur yang dilakukan oleh belanda. dalam peperangan tersebut, masyarakat indonesia menggunakan strategi….

pada tahun 1825-1830 terjadi perang di salah satu wilayah di pulau jawa. perang tersebut disebabkan oleh penancapan tonggak-tonggak perbuatan jalan rel kereta api di tanah makam leluhur yang dilakukan oleh belanda. dalam peperangan tersebut, masyarakat indonesia menggunakan strategi….

Taktik Perang Gerilya

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Dalam menghadapi pihak Belanda, Pangeran Diponegoro dan pasukannya memiliki banyak kekurangan seperti kekurangan senjata dan kalah jumlah, sehingga Pangeran Diponegoro memilih taktik Perang Gerilya dalam perlawanannya. Ternyata taktik Perang Gerilya yang dipilih Pangeran Diponegoro berhasil merepotkan pertahanan Belanda. Untuk mematahkan dominasi Pangeran Diponegoro, pada 1827 Jenderal de Kock menerapkan siasat Benteng Stelsel.

Dengan demikian, Strategi yang digunakan Pangeran Diponegoro dan pasukannya dalam melawan Belanda adalah Taktik Perang Gerilya.

Semoga membantu ya : )

Baca Juga :  Berikut adalah tabel nama senyawa karbon dan kegunaannya. Pasangan nama senyawa dengan kegunaannya yang sesuai adalah