Breaking News

Gambar berikut menunjukkan masing-masing 2 gram pualam yang dilarutkan dalam 5 gelas kimia yang berisi 50 ml HCl. laju reaksi yang hanya dipengaruhi oleh konsentrasi ditunjukkan oleh gambar…..

gambar berikut menunjukkan masing-masing 2 gram pualam yang dilarutkan dalam 5 gelas kimia yang berisi 50 ml HCl.

laju reaksi yang hanya dipengaruhi oleh konsentrasi ditunjukkan oleh gambar…..

gambar berikut menunjukkan masing-masing 2 gram pualam yang dilarutkan dalam 5 gelas kimia yang berisi 50 ml HCl.  laju reaksi yang hanya dipengaruhi oleh konsentrasi ditunjukkan oleh gambar.....

Jawaban : (1) dan (4)

Laju reaksi adalah nilai yang menunjukkan seberapa cepat suatu reaksi berlangsung. Terdapat beberapa komponen yang memengaruhi laju reaksi :
1. Konsentrasi
Semakin tinggi konsentrasi, semakin cepat laju reaksi. Sebaliknya, semakin rendah konsentrasi, semakin lambat laju reaksi.
2. Luas permukaaan bidang
Semakin luas permukaan bidang sentuh, semakin banyak peluang antar partikel untuk bertumbukan dan mempercepat laju reaksi.
3. Temperatur
Semakin tinggi temperatur, semakin cepat laju reaksi. Sebaliknya, semakin rendah temperatur, semakin lambat laju reaksi.
4. Katalis
Katalis dapat mempercepat laju reaksi dengan menurunkan energi aktivasi. Katalis ikut bereaksi, tetapi dihasilkan kembali di akhir reaksi.

Pada gambar (1) dan (4) diperoleh suatu larutan berada pada temperatur (T) yang sama yaitu 25°C dan partikel yang digunakan juga sama (sehingga luas permukaan bidang akan sama). Hanya konsentrasi yang membedakan kedua larutan, yakni larutan (1) dengan konsentrasi 1 M dan larutan (4) dengan konsentrasi 2 M.

Dengan demikian, laju reaksi yang hanya dipengaruhi oleh konsentrasi ditunjukkan oleh gambar (1) dan (4).

Baca Juga :  Sebutkan ciri-ciri Placrodermis!