Dalam Perang Dunia I. Amerika Serikat memihak Blok Sekutu dan Blok Prancis karena

Tahun 1915, Italia membelot ke Tripel Entente dan meninggalkan Tripel Alliance karena dijanjikan mendapat wilayah Dalmatia yang kata itu diduduki Austria- Hongaria. Setelah itu, Turki Usmani memutuskan untuk bergabung bersama Tr Alliance karena merasa punya musuh yang sama, yakni Rusia. Dengan demikie Perang Dunia Melibatkan dua kubu aliansi, yakni Tripel Alliance yang dilawan oleh Jerman, Austria-Hongaria, dan Turki Usmanljuga Bulgaria, melawan Tripel Entente yang dimotori Inggris, Perancis, Rusia, ditambah Italia, dan beberapa negara/bangsa lainnya. Perang ini akhirnya merebak luas hingga melibatkan Amerika Serikat yang terletak di daratan lain. Jadilah Amerika Serikat ikut turut gelanggang dengan merapat ke Tripel Entente. Dalam Perang Dunia I. Amerika Serikat memihak Blok Sekutu dan Blok Prancis karena

Sebab Amerika memihak sekutu dalam Perang Dunia I adalah karena Jerman melakukan penenggelaman terhadap kapal dagang Amerika Serikat.

Yuk pahami penjelasan berikut.

Perang Dunia I merupakan perang yang melibatkan banyak negara-negara di dunia. Pada awalnya perang terjadi hanya melibatkan blok Triple Alliance yang terdiri dari Jerman, Austria Hongaria dan Italia melawan Triple Etente atau blik sekutu yang terdiri dari Inggris, Prancis dan Rusia. Namun dalam perkembangannya perang semakin meluas melibatkan banyak negara hingga melibatkan Amerika Serikat.

Keterlibatan Amerika Serikat bermula pada saat Jerman memutuskan untuk melakukan perang kapal selam total di laut Atlantik. Namun hal tersebut mengakibatkan kapal dagang Amerika Serikat yang bernama Lusitania tertembak dan tenggelam oleh kapal selam Jerman pada saat melintasi laut Atlantik untuk menuju Britania Raya. Insiden tersebut tidak hanya menenggelamkan kapal namun juga mengakibatkan ratusan warga Amerika Serikat tewas. Hal itu menimbulkan kemarahan pemerintah Amerika Serikat dan memutuskan untuk menyatakan perang dengan Jerman. Karena berada di pihak yang sama, maka Amerika Serikat memutuskan untuk bergabung dengan pihak sekutu.

Baca Juga :  Seorang bermata normal (Sn = 25 cm) melihat perbesaran sebuah benda melalui lup dengan akomodasi minimum. Jika jarak focus lensa yang digunakan 5 cm, perbesaran bayangan lup adalah…