Berikut merupakan ciri-ciri dari sistem saraf pusat: 1) bagian luar berwarna putih 2) bagian dalam berwarna abu-abu 3) memiliki diameter 2 cm Berdasarkan ciri-ciri di atas, organ yang dimaksud adalah ..

Berikut merupakan ciri-ciri dari sistem saraf pusat:

1) bagian luar berwarna putih
2) bagian dalam berwarna abu-abu
3) memiliki diameter 2 cm
Berdasarkan ciri-ciri di atas, organ yang dimaksud adalah ..

Pembahasan :

Berikut adalah beberapa bagian atau anatomi dari sumsum tulang belakang (medula spinalis) tersebut:
1. Grey matter (Bagian abu-abu)
Grey matter merupakan bagian gelap berwarna abu-abu dan memiliki bentuk seperti kupu-kupu yang berada di dalam sumsum tulang belakang. Bagian ini terdiri dari badan sel saraf (neuron) dan sel glial serta memiliki empat ‘sayap’ yang disebut dengan tanduk.

Dua tanduk yang berada di depan (tanduk anterior atau ventral) mengandung sel saraf atau neuron motorik yang berfungsi membawa informasi dari otak dan medulla spinalis ke otot tubuh untuk merangsang pergerakannya. Sementara dua tanduk yang berada di belakang (tanduk posterior atau dorsal) membawa informasi sensorik, seperti sentuhan, tekanan, atau rasa sakit, dari tubuh kembali ke medulla spinalis dan otak.

Selain itu, ada pula yang disebut dengan tanduk lateral dan kolom intermediate yang berperan dalam sistem saraf otonom. Meski demikian, tanduk lateral hanya ditemukan di beberapa area sumsum tulang belakang, yaitu toraks, lumbal atas, dan sakral.

2. White matter (Bagian putih)
Grey matter di dalam medulla spinalis terbungkus oleh bagian berwarna putih, yang disebut dengan white matter. Bagian ini berisi akson yang memungkinkan berbagai bagian sumsum tulang belakang untuk berkomunikasi dengan baik dan lancar.

Akson ini bergerak ke dua arah. Beberapa akson yang mengarah naik berfungsi membawa sinyal dari tubuh ke otak, sedangkan yang turun mengirimkan sinyal dari otak ke neuron yang terletak di bagian lain dari tubuh.

Baca Juga :  Bentuk rasional dari √32-√48/√8-√12 adalah​

Sama seperti grey matter, white matter juga dipisahkan menjadi beberapa bagian yang disebut kolom. Keempat bagian tersebut, yaitu kolom posterior (di antara dua tanduk posterior), kolom anterior (di antara dua tanduk anterior), dan kolom lateral (antara tanduk posterior dan akson dari neuron tanduk anterior).

Kolom posterior terdiri dari akson yang mengarah naik, sedangkan kolom anterior dan lateral terdiri dari banyak kelompok akson yang berbeda dari saluran yang naik dan turun, termasuk yang mengontrol sistem saraf perifer atau tepi.

3. Saraf tulang belakang
Masing-masing bagian sumsum tulang belakang, yaitu servikal, toraks, lumbal, dan sakral, memiliki akar saraf yang muncul di kanan dan kirinya. Akar-akar saraf ini terdiri akar saraf ventral (anterior) yang mengandung neuron motorik, serta akar saraf dorsal (posterior) yang mengandung neuron sensorik.

Kedua macam akar saraf tersebut bersatu dan membentuk saraf tulang belakang. Terdapat 31 pasang saraf tulang belakang yang terbagi ke dalam lima bagian, yaitu delapan pasang saraf di bagian servikal (leher), 12 pasang saraf di toraks (dada), lima pasang saraf di lumbal (perut), lima pasang saraf di sakral (panggul), serta 1 pasang saraf lagi di yang berada di ruas tulang ekor (koksigeal).

Saraf-saraf tulang belakang inilah yang kemudian menghubungkan sumsum tulang belakang dengan berbagai bagian di tubuh, serta menghantarkan impuls ke dan dari otak melalui medula spinalis ke lokasi tubuh tertentu.

Jawaban : Sumsum Tulang Belakang

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com