Breaking News

Urutan getaran dapat didengar dari organ telinga paling luar hingga paling dalam….

Urutan getaran dapat didengar dari organ telinga paling luar hingga paling dalam….

Jawabannya adalah gendang pendengaran, tulang martil, tulang landasan, tulang sanggurdi, tingkap oval, koklea, organ korti, dan saraf pendengaran.

Urutan jalannya gelombang bunyi di telinga hingga dapat terdengar adalah sebagai berikut:
Suara atau bunyi akan ditangkap oleh telinga bagian luar. Kemudian getaran diteruskan ke saluran telinga sehingga memberi tekanan atau pukulan pada gendang telinga (membran timpani). Bunyi tersebut menyebabkan gendang telinga bergetar. Getaran diteruskan ke osikel (3 tulang pendengaran), yaitu tulang martil, tulang landasan, dan tulang sanggurdi. Getaran bunyi bergerak ke tingkap oval, yaitu sebuah membran yang membatasi telinga tengah dan telinga dalam. Setelah itu getaran masuk ke bagian telinga dalam, yaitu rumah siput (koklea). Getaran bunyi menyebabkan cairan di dalam koklea bergetar sehingga sel rambut melengkung. Getaran sel rambut menyebabkan sinyal yang akan ditangkap oleh sel-sel reseptor pada organ korti. Rangsangan getaran diubah menjadi impuls listrik dan diteruskan ke otak. Di otak, sinyal diterjemahkan sebagai bunyi.

Jadi, jawabannya adalah gendang pendengaran, tulang martil, tulang landasan, tulang sanggurdi, tingkap oval, koklea, organ korti, dan saraf pendengaran.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  Nilai guna dari suatu barang atau jasa akan bertambah jika barang tersebut.....