Breaking News

teks berikut untuk soal no. 25 dan 28! Hal ini menunjukkan bahwa adanya media sosial sangat berpengaruh baik dan buruk bagi remaja. Namun, lingkungan sosialnya yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan perilaku individu. Jadi, jaringan sosial berbahaya untuk beberapa remaja, tetapi tidak bagi yang lain. Semuanya tergantung pada kepribadian remaja itu sendiri. 26. Konjungsi yang terdapat dalam teks tersebut adalah …. a. dan, namun, tetapi b. bahwa, sangat, jadi c. dan, untuk, bahwa d. namun, baik, tetapi

teks berikut untuk soal no. 25 dan 28!

Hal ini menunjukkan bahwa adanya media sosial sangat berpengaruh baik dan buruk bagi remaja. Namun, lingkungan sosialnya yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan perilaku individu. Jadi, jaringan sosial berbahaya untuk beberapa remaja, tetapi tidak bagi yang lain. Semuanya tergantung pada kepribadian remaja itu sendiri.
26. Konjungsi yang terdapat dalam teks tersebut adalah ….

a. dan, namun, tetapi
b. bahwa, sangat, jadi
c. dan, untuk, bahwa
d. namun, baik, tetapi

Pilihan jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah A.

Yuk, simak pembahasan berikut.

Konjungsi merupakan kata penghubung, yaitu kata yang menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, kalimat dengan kalimat, maupun paragraf dengan paragraf.

Terdapat banyak jenis konjungsi, di antaranya:
Konjungsi dibagi menjadi beberapa jenis, di antaranya
1. Konjungsi koordinatif: Konjungsi yang digunakan untuk menggabungkan dua klausa yang berkedudukan sama, sehingga menghasilkan kalimat majemuk. Penanda penggunaan konjungsi koordinatif adalah kalimat tersebut bisa berdiri sendiri apabila kata sambung dihilangkan. Contoh konjungsi koordinatif, antara lain dan, dari, serta, melainkan, dan sebagainya.
2. Konjungsi subordinatif: Konjungsi yang digunakan untuk menggabungkan dua klausa atau lebih yang memiliki hubungan bertingkat, sehingga menghasilkan kalimat majemuk bertingkat. Penanda penggunaan konjungsi subordinatif adalah kalimat tersebut tidak bisa berdiri sendiri jika konjungsinya dihilangkan. Contohnya, seperti sesudah, jika, andai, agar, sehingga, dan sebagainya.

Konjungsi pada teks di atas, yaitu:
1) Konjungsi ‘dan’ pada kalimat “Hal ini menunjukkan bahwa adanya media sosial sangat berpengaruh baik dan buruk bagi remaja.” yang merupakan konjungsi koordinatif.
2) Konjungsi ‘namun’ pada kalimat “Namun, lingkungan sosialnya yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan perilaku individu.” yang merupakan konjungsi koordinatif.
3) Konjungsi ‘tetapi’ pada kalimat “Jadi, jaringan sosial berbahaya untuk beberapa remaja, tetapi tidak bagi yang lain.” yang merupakan konjungsi koordinatif.

Baca Juga :  Apotema adalah garis?

Dengan demikia, jawaban yang tepat adalah A.

Semoga bisa membantu, ya.