Apabila dikaitkan dengan pancasila, kasus tersebut merupakan ketidaksesuaian dari sila keberapa? berikan alasannya! ​

Apabila dikaitkan dengan pancasila, kasus tersebut merupakan ketidaksesuaian dari sila keberapa? berikan alasannya! ​

apabila dikaitkan dengan pancasila, kasus tersebut merupakan ketidaksesuaian dari sila keberapa? berikan alasannya! ​

Apabila dikaitkan dengan Pancasila, kasus tersebut merupakan ketidaksesuaian dari sila ke-5 yang berbunyi “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.

 

Alasan mengapa kasus rendahnya bayar pajak tergolong dalam ketidaksesuaian pancasila pada sila ke-5, sebab kita tahu bawa yang dimaksud “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia” yaitu bahwa seluruh Rakyat RI dapat merasakan Persamaan fasilitas negara baik dalam hal infrastruktur, persamaan kualitas pendidikan, persamaan harga, persamaan kesejahteraan, dsb.

 

Dengan tidak adanya kesadaran untuk membayar Pajak, maka Negara Indonesia akan sulit untuk menciptakan persamaan di semua lini masyarakat Indonesia. Maka dari itu, mengapa kasus di atas merupakan ketidaksesuaian dari sila ke-5, sebab dengan tidak adanya kesadaran membayar pajak, maka keadilan dalam berpendidikan, infrastruktur, kesejahteraan, tidak akan tercapai.

 

Pembahasan

Pancasila berasal dari dua kata yakni panca dan sila. Panca yang memiliki arti lima sedangkan untuk Sila yang berarti asas atau prinsip. Jadi kata Pancasila adalah lima prinsip yang mempunyai kedudukan yang terdapat di Indonesia. Lalu sebagai  Identitas adalah suatu nama atau label yang sudah  melekat pada diri seseorang dan untuk menggambarkan jati diri dari orang tersebut. Dan Pancasila sendiri ini  merupakan sebuah identitas yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.oleh Karena itu, setiap masyarakat tentunya akan menjadi bagian dari bangsa Indonesia yang harus memiliki jiwa pancasila sebagai identitasnya.

 

NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan sebuah negara yang menganut asas atau prinsip yang dinamakan pancasila dengan  bunyi :Ketuhanan yang Maha Esa.Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.Persatuan Indonesia.Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.Pada sila ketiga ini menjadi sila yang sangat penting untuk perdamaian bangsa, karena ketika kita tidak bersatu maka nantinya  bangsa ini akan roboh dan hancur. Persatuan Indonesia pada Sila ini memiliki makna persatuan Indonesia adalah hal yang sangat penting untuk selalu kita jaga, dimana kita juga harus mendahulukan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam bentuk kepentingan umum dibanding kepentingan pribadi. Selain itu, untuk  dapat mempertahankan persatuan Indonesia, kita tentunya sangat memerlukan adanya sikap patriotisme dan nasionalisme.

Baca Juga :  Nilai dari f(x)=|6×2+10x| untuk nilai x= −1/2 adalah....

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com