Remaja saat ini tumbuh di zaman internet, tetapi apakah hal ini akan berdampak ketika mereka dewasa nanti? Lewat jejaring sosial, orang dapat saling berkomunikasi walaupun jaraknya jauh. Mereka dapat memberikan data privasi, nomor telepon, alamat, bahkan data keluarga serta hal lain yang seharusnya tidak diekspos. Siapa saja langsung dapat berkenalan meskipun tanpa mengetahui latar belakangnya. Celakanya lagi, berbagai pemahaman dapat dengan mudah masuk ke remaja bila tidak ada pengawasan yang ketat di kehidupan remaja tersebut. Inti paragraf teks diskusi tersebut adalah ….

Remaja saat ini tumbuh di zaman internet, tetapi apakah hal ini akan berdampak ketika mereka dewasa nanti? Lewat jejaring sosial, orang dapat saling berkomunikasi walaupun jaraknya jauh. Mereka dapat memberikan data privasi, nomor telepon, alamat, bahkan data keluarga serta hal lain yang seharusnya tidak diekspos. Siapa saja langsung dapat berkenalan meskipun tanpa mengetahui latar belakangnya. Celakanya lagi, berbagai pemahaman dapat dengan mudah masuk ke remaja bila tidak ada pengawasan yang ketat di kehidupan remaja tersebut.

Inti paragraf teks diskusi tersebut adalah ….
a. remaja tumbuh di zaman internet
b. dampak ketika mereka dewasa
c. jejaring sosial
d. orang dapat berkomunikasi walau jauh jaraknya

Jawaban yang tepat adalah A.

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Paragraf adalah susunan kalimat yang padu dan mengandung sebuah ide pokok. Ide pokok merupakan inti pembahasan dari sebuah paragraf.

Ciri-ciri ide pokok:
1. Terdapat dalam kalimat utama.
2. Memiliki kalimat pendukung/penjelas.
3. Ada yang mendukung, baik berupa penjelasan atau alasan yang menguatkannya.
4. Inti dari sebuah paragraf atau pusat pembahasan.
5. Umumnya berada di awal atau akhir sebuah paragraf. Jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya adalah:
a) paragraf deduktif, yaitu kalimat utamanya terletak di awal paragraf, sedangkan kalimat setelahnya bersifat mendukung/menjelaskan kalimat utama.
b) paragraf induktif, yaitu kalimat utamanya terletak di akhir paragraf, sedangkan kalimat sebelumnya bersifat mendukung/menjelaskan kalimat utama.
c) paragraf campuran, yaitu kalimat utama yang berada di awal dan akhir paragraf. Kalimat di awal sebagai pernyataan umum, sedangkan kalimat akhir berupa kesimpulan.

Cara menentukan ide pokok adalah sebagai berikut.
1. Membaca keseluruhan paragraf secara saksama.
2. Memperhatikan letak kalimat utama yang memuat ide pokok pada awal paragraf, akhir paragraf, atau awal dan akhir paragraf.
3. Pastikan bahwa kalimat utama tersebut tidak diawali dengan kata hubung tertentu.
4. Pastikan pula bahwa kalimat utama memuat informasi pokok yang berkaitan dengan kalimat penjelas lainnya.

Baca Juga :  Tulislah usulan kata-kata dari Moh.hatta dalam penyempurnaan rumusan sila pertama dari sila pancasila

Berdasarkan penjelasan di atas, inti paragraf teks diskusi tersebut adalah “remaja tumbuh di zaman internet”. Hal ini dapat kita ketahui melalui ide pokok paragraf tersebut yang berada dalam kalimat utama, yakni “Remaja saat ini tumbuh di zaman internet, tetapi apakah hal ini akan berdampak ketika mereka dewasa nanti?” Kalimat tersebut merupakan kalimat utama yang memuat inti dari keseluruhan paragraf, yaitu mengenai remaja dan internet.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.