Dan ingatlah kalian, bahwa Allah SWT menyukai kebersihan, karena kebersihan itu mencerminkan keimanan dari seseorang. Selain itu, sangat diperlukan penekanan kepada para generasi muda betapa pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Kata yang mengandung kata benda abstrak pada teks di atas adalah ….

Dan ingatlah kalian, bahwa Allah SWT menyukai kebersihan, karena kebersihan itu mencerminkan keimanan dari seseorang. Selain itu, sangat diperlukan penekanan kepada para generasi muda betapa pentingnya membuang sampah pada tempatnya.
Kata yang mengandung kata benda abstrak pada teks di atas adalah ….
A. Kalian
B. Kebersihan
C. Mencerminkan
D. Para

Jawaban untuk soal tersebut adalah B.

Mari kita simak penjelasan berikut ini ya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata benda (nomina) ialah kelas kata dalam bahasa Indonesia yang ditandai oleh tidak dapatnya bergabung dengan kata ‘tidak’, misalnya ‘rumah’ adalah nomina karena tidak mungkin dikatakan ‘tidak rumah’, biasanya dapat berfungsi sebagai seubjek atau objek dari klausa. Kata benda abstrak berari kata benda yang tidak berwujud atau tidak berbentuk.

Ciri-ciri nomina sebagai berikut.
a. Dapat diingkarkan oleh kata “bukan”. Contohnya: bukan kucing.
b. Nomina menduduki fungsi subjek, objek, atau keterangan dalam kalimat yang predikatnya verba (kata kerja).
c. Dapat diikuti oleh adjektiva.

Berdasarkan penjelasan di atas, kata benda abstrak terdapat pada kata “kebersihan”. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kebersihan merupakan jenis nomina yang berarti hal-hal yang berkaitan dengan keadaan bersih.

Dengan demikian, jawaban untuk soal tersebut adalah B.

Semoga membantu 😊

Baca Juga :  Nama nama planet