Dalam pelaksanaan cultuurstelsel di indonesia terjadi penyelewengan. pemerintah belanda akan memberikan cultuur procenten pada penguasa pribumi, jika…..

dalam pelaksanaan cultuurstelsel di indonesia terjadi penyelewengan. pemerintah belanda akan memberikan cultuur procenten pada penguasa pribumi, jika…..
a. memenuhi ketentuan dalam tanam paksa
b. menyetorkan hasil panen lebih banyak
c. melaporkan segala bentuk kecurangan
d. menyetorkan panen kurang dari ketentuan belanda

Jawabannya adalah pemberian hadiah pemerintah kolonial kepada penguasa lokal yang mampu menyerahkan hasil panen melebihi ketentuan yang diberikan.

Cultuur procenten adalah sebuah sistem pemberian hadiah yang diberikan oleh pemerintah kolonial kepada penguasa lokal di daerah yang mampu menyerahkan hasil panen melebihi ketentuan yang diberikan. Hal inilah yang sering menjadi dasar penyelewengan dan penyiksaan rakyat mengingat atas dasar inilah banyak penguasa lokal yang memaksa rakyat untuk bekerja lebih.

Jadi jawabannya adalah pemberian hadiah pemerintah kolonial kepada penguasa lokal yang mampu menyerahkan hasil panen melebihi ketentuan yang diberikan.

Baca Juga :  Modal awal sebesar rp1.000.000,00 dibungakan dengan bunga tunggal 4%/triwulan selama 3 tahun 9 bulan. tentukan bunga akhirnya!