Breaking News

Proses pembentukan urine

proses pembentukan urine

Jawabannya yaitu pembentukan urine biasanya terdiri dari tiga tahap, seperti filtrasi (penyaringan), reabsorpsi (penyerapan kembali), dan augmentasi atau sekresi (pengumpulan).

Yuk simak penjelasan berikut ini!

Urine atau air mani merupakan produk pembuangan yang berasal dari air berlebih di dalam tubuh dan molekul sisa metabolisme selama proses penyaringan yang dilakukan oleh ginjal. Urine dibentuk di nefron. Nefron adalah unit terkecil dari ginjal yang berfungsi menyaring darah dan mengambil kembali zat-zat yang bermanfaat ke dalam darah. Proses pembentukan urine diawali di ginjal, ureter dan tersimpan dalam kandung kemih hingga akhirnya mengalir ke uretra dan keluar saat buang air kecil.

Pembentukan urine biasanya terdiri dari tiga tahap, yaitu :
a. Filtrasi (penyaringan): dilakukan dengan bantuan dari ginjal. Setiap ginjal mempunyai sekitar satu juta nefron ,yaitu tempat pembentukan urine.
b. Reabsorpsi (penyerapan kembali): molekul dan ion akan diserap kembali ke dalam sirkulasi darah. Dalam tahap reabsorpsi ini akan melewati nefron (tubulus proksimal dan tubulus distal), lengkung Henle (loop of Henle), dan saluran pengumpul.
c. Augmentasi atau sekresi (pengumpulan): beberapa zat mengalir langsung dari darah di sekitar tubulus distal dan tubulus pengumpul ke tubulus tersebut.

Jika proses pembentukan urine bermasalah, maka bisa menjadi indikasi suatu penyakit, seperti diabetes mellitus, infeksi saluran kemih, maupun batul ginjal.

Jadi, proses pembentukan urine yaitu filtrasi (penyaringan), reabsorpsi (penyerapan kembali), dan augmentasi atau sekresi (pengumpulan).

Baca Juga :  Diketahui fungsi f(x) = 12×+ 5. jika diketahui f (a) = -31 maka nilai a adal​