Respirasi manusia dapat terjadi secara internal dan eksternal. Proses respirasi internal pada manusia adalah ….

Respirasi manusia dapat terjadi secara internal dan eksternal. Proses respirasi internal pada manusia adalah ….

Jawaban yang benar adalah pernapasan internal adalah pernapasan yang terjadi di dalam sel pada bagian sitoplasma dan mitokondria

Pembahasan

Istilah respirasi di atas mengacu pada pernapasan. Pernapasan merupakan proses yang dilakukan oleh organisme untuk menghasilkan energi dari hasil metabolisme. Pernapasan pada suatu organisme ada 2 macam yaitu pernapasan eksternal dan pernapasan internal.

Pernapasan eksternal adalah saat inspirasi dan ekspirasi terjadi pertukaran oksigen dan karbon dioksida di alveolus. Proses pernapasan eksternal terjadi saat sel darah merah mengikat O2 membentuk oksihemoglobin (HbO2).

Pernapasan internal adalah pernapasan yang terjadi di dalam sel pada bagian sitoplasma dan mitokondria.

Proses pernapasan internal terjadi saat masuknya oksigen ke dalam jaringan tubuh juga melalui proses difusi. Hal tersebut disebabkan adanya perbedaan konsentrasi O2 dan CO2 antara darah dan jairngan. Karena konsentrasi O2 dalam jaringan lebih rendah daripada di darah, maka O2 dalam darah akan mengalir ke jaringan. Sebaliknya, karena konsentrasi CO2 pada jaringan lebih tinggi daripada di darah, maka karbon dioksida akan mengalir dari jaringan ke darah. Sebagian CO2 akan diikat oleh hemoglobin membentuk karboksi hemoglobin (HbCO2). Namun, sebagian besar karbondioksida masuk ke plasma darah, bereaksi dengan air membentuk asam karbonat (H2CO3). Asam karbonat tersebut akan dipecah kembali menjadi hidrogen (H+) dan HCO3- (ion bikarbonat) yang akan diproses untuk pengeluaran CO2 keluar tubuh dalam mekanisme pernapasan eksternal. Akan tetapi, ternyata tidak semua ion bikarbonat dieksresikan, melainkan 10% dari ion bikarbonat akan disimpan, tetap berada di dalam darah. Ion bikarbonat tersebut berfungsi sebagai buffer dan mempertahankan pH dalam tubuh.

Baca Juga :  Uang saku diberikan kepada anak secara rutin atau hanya ketika berbuat benar

Jadi, Jawaban yang benar adalah pernapasan internal adalah pernapasan yang terjadi di dalam sel pada bagian sitoplasma dan mitokondria