Seorang pasien memiliki gejala-gejala sebagai berikut: kandungan gula yang tinggi di dalam darah serta air kencing, sering buang air kecil, rasa mudah haus dan lapar terus-menerus, mengalami penurunan berat badan secara drastis tanpa sebab yang jelas serta luka atau memar yang sukar sembuh. dari sisi atas, jelaskan orang tersebut terindikasi menderita penyakit apa dan organ tubuh bagian mana yang tidak berfungsi ?

seorang pasien memiliki gejala-gejala sebagai berikut: kandungan gula yang tinggi di dalam darah serta air kencing, sering buang air kecil, rasa mudah haus dan lapar terus-menerus, mengalami penurunan berat badan secara drastis tanpa sebab yang jelas serta luka atau memar yang sukar sembuh. dari sisi atas, jelaskan orang tersebut terindikasi menderita penyakit apa dan organ tubuh bagian mana yang tidak berfungsi ?

Jawabannya penyakit yang diderita adalah diabetes melitus, organ yang tidak berfungsi adalah pankreas.

Diabetes melitus merupakan penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar glukosa dalam darah. Hal ini disebabkan karena pankreas rusak atau tidak berfungsi dengan baik, sehingga tidak dapat memproduksi hormon insulin. Hormon insulin adalah hormon yang berfungsi untuk mengatur kadar glukosa dalam darah. Hormon insulin bekerja dengan cara mengubah glukosa dalam darah menjadi glikogen yang akan disimpan di dalam hati. Sehingga jika tubuh kekurangan hormon insulin maka kadar glukosa dalam darah menjadi tinggi. Hal ini juga berpengaruh terhadap kerja ginjal, karena kadar glukosa dalam darah tinggi maka tidak semua glukosa dapat tereabsorbsi pada saat pembentukan urine, sehingga penderita diabetes melitus urinnya mengandung glukosa. Gejala penyakit diabetes melitus adalah kadar glukosa dalam darah tinggi, urine terdapat glukosa, sering buang air kecil, rasa mudah haus dan lapar terus-menerus, mengalami penurunan berat badan secara drastis tanpa sebab yang jelas serta luka atau memar yang sukar sembuh.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah penyakit yang diderita adalah diabetes melitus, organ yang tidak berfungsi adalah pankreas.

Baca Juga :  Jelaskan apa kegunaan kolom serba-serbi dalam jurnal pembelian.