Urea merupakan produk buangan dari hasil pencernaan protein. Pernyataan berikut yang tepat mengenai urea di dalam tubuh manusia adalah…

Urea merupakan produk buangan dari hasil pencernaan protein. Pernyataan berikut yang tepat mengenai urea di dalam tubuh manusia adalah…
A. Diproses di dalam hepar dan diangkut oleh air menuju ginjal untuk dibuang
B. Diproses oleh ginjal dan diangkut oleh darah menuju saluran pembuangan
C. Diproses di dalam hepar dan diangkut oleh air menuju ginjal untuk dibuang
D. Diproses oleh ginjal dan diangkut oleh air menuju saluran pembuangan
E. Diproses oleh lambung dan diangkut oleh darah menuju ginjal untuk dibuang

Jawaban yang benar adalah A. dan C. Diproses di dalam hepar dan diangkut oleh air menuju ginjal untuk dibuang

Urea merupakan produk buangan dari hasil pencernaan protein. Protein akan dipecah menjadi asam amino, dan asam amino akan dimetabolisme (deaminasi) menghasilkan senyawa amonia. Amonia diuraikan oleh hati menjadi senyawa yang lebih aman bagi tubuh yaitu urea, melalui siklus urea.

Siklus urea mencakup perubahan amonia menjadi karbomoil fosfat, perubahan karbomoil fosfat menjadi sitrulin, perubahan sitrulin menjadi argininosuksinat, penguraian argininosuksinat menjadi arginine dan fumarat, serta pemecahan arginin menjadi ornitin dan urea. Urea dari dalam hati kemudian dikeluarkan dan ditransferkan ke ginjal kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh bersama urin.

Dengan demikian, pernyataan yang tepat mengenai urea di dalam tubuh manusia adalah urea diproses di dalam hepar dan diangkut oleh air menuju ginjal untuk dibuang (A dan C).

Baca Juga :  Perhatikan gambar berikut! Nama bagian sel saraf yang ditunjukkan oleh huruf P beserta fungsinya yaitu ...