Presiden Soekarno tanggal 15 Agustus 1950 ke Yogyakarta untuk menerima kembali jabatan presiden NKRI yang menandai

presiden Soekarno tanggal 15 Agustus 1950 ke Yogyakarta untuk menerima kembali jabatan presiden NKRI yang menandai

Kembalinya NKRI dan berakhirnya negara RIS.

Yuk pahami penjelasannya.

Pasca terjadinya Konferensi Meja Bundar, bentuk negara Indonesia berubah dari NKRI menjadi negara Republik Indonesia Serikat atau RIS sesuai dengan hasil perjanjian KMB. Setelah menjadi RIS, Soekarno dan Hatta dipilih sebagai presiden dan wakil presiden federal. Hal itu membuat jabatan presiden Republik Indonesia sebagai salah satu negara bagian RIS digantikan oleh Mr. Asaat.

Namun bentuk negara RIS, tidak berlangsung lama, hal itu karena bentuk negara RIS tidak sesuai dengan cita-cita proklamasi Indonesia. Akhirnya, pada 1950, negara RIS dibubarkan dan Soekarno kembali menjabat sebagai presiden RI pada 15 Agustus 1950. Kembalinya Soekarno sebagai presiden RI sekaligus menandai kembalinya NKRI dan berakhirnya negara RIS.

Dengan demikian, presiden Soekarno tanggal 15 Agustus 1950 ke Yogyakarta untuk menerima kembali jabatan presiden NKRI yang menandai Kembalinya NKRI dan berakhirnya negara RIS.

Semoga membantu yaa…

Baca Juga :  Sebuah sendal hanyut disungai, sendal tersebut bergerak naik turun bersamaan dengan permukaan air yang berfrekuensi 1,2 Hz, posisi sendal berikutnya ada di puncak kedua (jarak puncak bukit 1 dan 2 adalah 4 m). tentukan periode