Setiap negara di dunia memiliki bentuk negara termasuk negara Indonesia. sejak awal kemerdekaan pada tahun 1945, negara Indonesia berbentuk negara kesatuan. mengapa negara Indonesia berbentuk negara kesatuan sampai zaman modern sekarang

setiap negara di dunia memiliki bentuk negara termasuk negara Indonesia. sejak awal kemerdekaan pada tahun 1945, negara Indonesia berbentuk negara kesatuan. mengapa negara Indonesia berbentuk negara kesatuan sampai zaman modern sekarang

Jawaban yang benar adalah negara Indonesia berbentuk negara kesatuan sampai zaman modern karena negara kesatuan diharapkan dapat mewujudkan persamaan kedudukan bagi setiap warga negara, terpenuhinya hak-hak sosial, ekonomi, dan politik warga negara, serta mengaktifkan peran warga negara dalam menjaga kedaulatan negara.

Indonesia merupakan negara kesatuan berbentuk republik sesuai yang tercantum dalam UUD 1945 Pasal (1) Ayat (1) yang berbunyi “Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik”. Dari awal kemerdekaan hingga saat ini Indonesia berbentuk negara kesatuan, alasannya karena negara kesatuan diharapkan dapat mewujudkan persamaan kedudukan bagi setiap warga negara, terpenuhinya hak-hak sosial, ekonomi, dan politik warga negara, serta mengaktifkan peran warga negara dalam menjaga kedaulatan negara. Selain itu bentuk pemerintahan monarki dan bentuk pemerintahanan lainnya juga tidak cocok di Indonesia.

Berdasarkan pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa negara Indonesia berbentuk negara kesatuan sampai zaman modern karena negara kesatuan diharapkan dapat mewujudkan persamaan kedudukan bagi setiap warga negara, terpenuhinya hak-hak sosial, ekonomi, dan politik warga negara, serta mengaktifkan peran warga negara dalam menjaga kedaulatan negara.

Baca Juga :  Jika predator pada suatu lingkungan punah akan terjadi ...