Siapa saja perancang Garuda Pancasila? Kapan acara yang menggunakan Garuda Pancasila untuk pertama kalinya?

Siapa saja perancang Garuda Pancasila? Kapan acara yang menggunakan Garuda Pancasila untuk pertama kalinya?

Jawab : Lambang ini dirancang oleh Panitia Lencana Negara yang diketuai oleh Sultan Hamid II dari Pontianak. Lambang ini kemudian disempurnakan oleh Presiden Soekarno dan diresmikan pemakaiannya sebagai lambang negara pertama kali pada Sidang Kabinet Republik Indonesia Serikat tanggal 11 Februari 1950.

Simak pembahasan berikut ini ya !

Setelah Perang Kemerdekaan Indonesia 1945–1949, disusul pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Belanda melalui Konferensi Meja Bundar pada tahun 1949, dirasakan perlunya Indonesia memiliki lambang negara. Tanggal 10 Januari 1950 dibentuk Panitia Teknis dengan nama Panitia Lencana Negara di bawah koordinator Menteri Negara Sultan Hamid II dengan susunan panitia teknis Muhammad Yamin sebagai ketua, Ki Hajar Dewantoro, M A Pellaupessy, Moh Natsir, dan RM Ng Poerbatjaraka sebagai anggota. Lambang ini kemudian disempurnakan oleh Presiden Soekarno dan diresmikan pemakaiannya sebagai lambang negara pertama kali pada Sidang Kabinet Republik Indonesia Serikat tanggal 11 Februari 1950.

Dengan demikian, Garuda Pancasila dirancang oleh Panitia Lencana Negara yang diketuai oleh Sultan Hamid II dan pertama kali digunakan pada momen sidang kabinet Republik Indonesia Serikat tanggal 11 Februari 1950.

Baca Juga :  15,4 : 88,3 Selesaikan operasi pembagian tersebut menggunakan POROGAPIT.​