Suatu gerak lurus memenuhi grafik kelajuan fungsi waktu seperti pada gambar di bawah ini: kesimpulan yang dapat diperoleh dari analisis grafik adalah…

suatu gerak lurus memenuhi grafik kelajuan fungsi waktu seperti pada gambar di bawah ini:
kesimpulan yang dapat diperoleh dari analisis grafik adalah…
a. benda bergerak lurus berubah beraturan diperlambat ketika t2 dan t3
b. benda bergerak lurus berubah beraturan dipercepat ketika t2 dan t3
c. benda bergerak lurus berubah beraturan ketika t1 dan t2
d. benda bergerak lurus beraturan ketika 0 dan t2

suatu gerak lurus memenuhi grafik kelajuan fungsi waktu seperti pada gambar di bawah ini: kesimpulan yang dapat diperoleh dari analisis grafik adalah...

Jawaban yang benar untuk pertanyaan tersebut adalah B

Konsep yang digunakan dalam menjawab soal ini adalah analisa grafik kelajuan sebagai fungsi waktu. Ketika grafik menunjukan garis naik, maka dikatakan benda mengalami GLBB (gerak lurus berubah beraturan) dipercepat. Ketika garis grafik emndatar, maka benda dikatakan mengalami GLB (gerak lurus beraturan). Sedangkan, jika garis grafik menurun maka benda dikatakan mengalami GLBB (gerak lurus berubah beraturan) diperlambat.

Berdasarkan analisa masing-masing keadaan dari gambar grafik, saat t = 0 sampai t1 benda mengalami GLBB dipercepat karena mengalami kenaikan kecepatan atau arah grafik naik. Ketika t1 ke t2, benda mengalami GLB karena kecepatan tidak berubah dan grafik datar. Saat t2 ke t3, benda mengalami GLBB dipercepat karena mengalami kenaikan kecepatan atau arah grafik naik.

Maka, pernyataan yang benar adalah benda bergerak lurus berubah beraturan dipercepat ketika t2 dan t3 sehingga jawaban yang tepat adalah B.

Baca Juga :  Tukang bangunan ingin memasang pondasi beton cakar ayam seperti berikut. Berapakah tekanan yang diberikan satu pondasi cakar ayam teresebut... (N/m2).