Risa yang sibuk mencari makan terkejut melihat daun-daun yang tiba-tiba berguguran. Kepalanya langsung menengadah dan mendapati Elano yang bertengger di dahan pohon. Risa membelalak terkejut. Tubuhnya bergetar karena mata Elano tertuju padanya. la bergeming. Sapaan Elano membuatnya terperanjat. Matanya berkaca kaca hendak menangis karena takut dimangsa. Elano yang melihatnya tertawa lepas. “Mengapa kau sebegitu takutnya padaku?” tanya Elano setelah berpindah ke dahan pohon yang lebih dekat dengan tempat Risa berdiri. “Kau tentu tahu aku tidak memangsa kancil, bukan?” Risa mengangguk, tetapi tubuhnya masih bergetar. “Lalu, mengapa kau selalu lari saat melihatku? Kau juga langsung lari saat aku hendak mengembalikan mainanmu yang terjatuh.” “Tubuhmu besar. Paruhmu juga besar dan tajam. Kau tampak kuat dan menakutkan,” jawab Risa masih dengan tubuh yang bergetar. “Hei, lihatlah! Kau lebih tinggi dariku. Kau tidak perlu takut padaku. Aku memang kuat. Tapi, kekuatanku hanya kugunakan untuk mencari mangsa, bukan musuh,” kata Elano. Fabel tersebut menceritakan tentang .. …

12.Bacalah kutipan fabel berikut.

Risa yang sibuk mencari makan terkejut melihat daun-daun yang tiba-tiba berguguran. Kepalanya langsung menengadah dan mendapati Elano yang bertengger di dahan pohon. Risa membelalak terkejut. Tubuhnya bergetar karena mata Elano tertuju padanya. la bergeming. Sapaan Elano membuatnya terperanjat. Matanya berkaca kaca hendak menangis karena takut dimangsa. Elano yang melihatnya tertawa lepas.

“Mengapa kau sebegitu takutnya padaku?” tanya Elano setelah berpindah ke dahan pohon yang lebih dekat dengan tempat Risa berdiri. “Kau tentu tahu aku tidak memangsa kancil, bukan?” Risa mengangguk, tetapi tubuhnya masih bergetar. “Lalu, mengapa kau selalu lari saat melihatku? Kau juga langsung lari saat aku hendak mengembalikan mainanmu yang terjatuh.”

“Tubuhmu besar. Paruhmu juga besar dan tajam. Kau tampak kuat dan menakutkan,” jawab Risa masih dengan tubuh yang bergetar.

“Hei, lihatlah! Kau lebih tinggi dariku. Kau tidak perlu takut padaku. Aku memang kuat. Tapi, kekuatanku hanya kugunakan untuk mencari mangsa, bukan musuh,” kata Elano.

Fabel tersebut menceritakan tentang .. …

A. kebaikan hati Elano yang mau mengembalikan mainan Risa yang hilang

B.ketakutan Risa kepada Elano yang ternyata
tidak ingin memangsanya

C. kegelisahan Risa untuk berteman dengan
Elano yang kuat

D. permintaan maaf Elano karena telah membuat Risa begitu ketakutan

jawab beserta pembahasannya ya

Jawaban yang tepat adalah A.

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Fabel adalah cerita yang menceritakan kehidupan binatang, tetapi memiliki perilaku layaknya manusia.

Informasi pada teks adalah segala sesuatu yang menjadi isi dan pembahasan pada sebuah teks.

Informasi dapat disampaikan secara tersirat maupun tersurat sehingga letak informasi harus dipahami dengan baik agar pembaca dapat memahami inti pembahasan tanpa mengalami kesalahpahaman.

Baca Juga :  Pada efek rumah kaca, CO² dapat berkumpul di udara dan membentuk lapisan hal yang menyebabkan CO² dapat melayang di udara dan berkumpul di atmosfer adalah....

Langkah-langkah untuk menemukan informasi pada sebuah bacaan adalah sebagai berikut.
1. Bacalah teks dengan saksama.
2. Pahamilah makna setiap kalimat yang ada pada teks.
3. Temukanlah kalimat utama atau gagasan pokok dalam setiap paragraf.
4. Tandailah kata atau kalimat yang mengandung kata kunci.
5. Pahami setiap gambar, grafik, tabel, atau diagram yang menunjang informasi teks.
6. Cocokkan kembali informasi yang didapatkan dengan teks secara keseluruhan.

Fabel tersebut menceritakan tentang kebaikan hati Elano yang mau mengembalikan mainan Risa yang hilang. Hal ini dibuktikan dengan kutipan yang berbunyi, “‘Mengapa kau sebegitu takutnya padaku?’ tanya Elano setelah berpindah ke dahan pohon yang lebih dekat dengan tempat Risa berdiri. ‘Kau tentu tahu aku tidak memangsa kancil, bukan?’ Risa mengangguk, tetapi tubuhnya masih bergetar. ‘Lalu, mengapa kau selalu lari saat melihatku? Kau juga langsung lari saat aku hendak mengembalikan mainanmu yang terjatuh.'”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Semoga membantu ya 😊

Daftar isi