Karena pengawas ujian terlihat sedang pergi keluar ruangan, salah satu peserta ujian yang bernama Samuel bergegas menanyakan jawaban ujian pada teman satu bangkunya. Tidakan Samuel tersebut termasuk perilaku menyimpang karena menyalahi aturan ujian, dimana dalam pengerjaan ujian harus dikerjakan masing-masing. Ilustrasi diatas sesuai dengan sifat perilaku menyimpang yaitu … Jelaskan …

Karena pengawas ujian terlihat sedang pergi keluar ruangan, salah satu peserta ujian yang bernama Samuel bergegas menanyakan jawaban ujian pada teman satu bangkunya. Tidakan Samuel tersebut termasuk perilaku menyimpang karena menyalahi aturan ujian, dimana dalam pengerjaan ujian harus dikerjakan masing-masing.

Ilustrasi diatas sesuai dengan sifat perilaku menyimpang yaitu … Jelaskan …

Jawabannya adalah perilaku menyimpang yang bersifat negatif.

Yuk, kita simak penjelasannya.

Perilaku menyimpang merupakan suatu tindakan yang menyimpang dari norma dan nilai yang ada di masyarakat atau dapat dikatakan tidak sesuai dengan aturan, nilai, dan norma yang ada di masyarakat. Berdasarkan sifatnya, bentuk perilaku menyimpang terbagi menjadi 2 yaitu positif dan negatif. Perilaku menyimpang positif adalah penyimpangan yang memiliki dampak positif terhadap sistem sosial, karena mngandung unsur-unsur inovatif, kreatif, dan menambah wawasan. Misalnya yaitu emansipasi wanita.
Penyimpangan negatif adalah tindakan menyimpang yang menganggap rendah nilai-nilai sosial dan mengakibatkan hal buruk dan merugikan orang lain.
Berdasarkan ilustrasi pada soal, Samuel melakukan tindakan menyimpang negatif karena menganggap rendah nilai dan norma yang ada di sekolah bahwa ujian harus dikerjakan masing-masing.

Baca Juga :  Sebutkan imbalan didunia dan akhirat tentang etos kerja!